Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Penurunan Krisis Identitas Siswa SMA Islam Al-Fattah Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1168Keywords:
Bimbingan kelompok, Self management, Krisis Identitas diriAbstract
Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui apakah konseling kelompok yang dikombinasikan dengan pendekatan manajemen diri dapat mengurangi krisis identitas siswa. Penelitian eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Semua murid kelas XI SMA Islam Al-Fattah Bondowoso menjadi populasi dalam kesempatan kali ini. Studi riset ini memakai observasi, wawancara, dan kuesioner selaku teknik pengumpulan data. Instrumen memakai skala kuesioner berlandaskan skala Likert: sangat sesuai, sesuai, tidak sesuai, dan sangat tidak sesuai. sedangakn guna memperoleh sampel digunakanlah teknik purposive sampling, yakni semua murid kelas XI SMA Islam Al-Fattah. Pretest satu kelompok dan posttest adalah pengaturan eksperimen penelitian ini. Uji Wilxocon match pairs dipakai selaku metode analisis data pada kesempatan kali ini. Penelitian ini meneliti bagaimana penggunaan teknik manajemen diri dalam sebuah kelompok dapat membantu siswa yang mengalami krisis identitas. Skor kuesioner krisis identitas diri siswa kelas XI di SMA Islam Al-Fattah Bondowoso mengalami penurunan setelah diberi perlakuan dengan pendekatan manajemen diri. Terdapat nilai asymp, Sig, (2-tailed) senilai 0,002 yang lebih rendah dari 0,25. Sehingga, layak dikatakan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hasil tersebut membuktikan bahwa rerata hasil kuesioner dari pretest dan posttest berbeda. Dengan demikian, penggabungan keterampilan manajemen diri dengan teknik bimbingan kelompok dapat membantu siswa dalam mengatasi krisis identitas.
References
Dariyo A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, hal.80
Erikson, 1989, Identitas dan siklus hidup manusia. PT.Gramedia Jakarta
Fathansyah, M 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1439 H / 2018 M.
Hidayah, N. dan Nuriati. 2016. Krisis identitas diri pada remaja “identity crisis of Adolescences.” 10 (1).
Muttaqin, D. dan Ekowarni. 2016. Pembentukan Identiatas Remaja Di Jogyakarta. Jurnal psikologi.43 (3): 183:270.
Ramdhanu, C.A, et.al. 2019. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri.Journal of Innovative Counseling: 3 (1): 7-17.
Sa’diyah, H. et.al. 2016. Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Jurnal Ilmiah Counsellia, 6 (2): 67 – 78
Sugiono, 2016. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.