This is an outdated version published on 2023-06-30. Read the most recent version.

Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember

Authors

  • Kamaluddin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Mawaddati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1167

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, kedisiplinan menghafal qur’an

Abstract

Usaha untuk memilahara kedisiplinan dalam menghafal qur’an, salah satunya harus benar-benar serius dalam menjalankan program yang telah disediakan lembaga, terdapat ketidakdisiplinan dalam menghafal qur’an di pondok pesantren Ibnu Katsir Jember. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pelaksanaan layanan bombingan kelompok di pesantren. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif atau field reseach dengan penelitian ini peneliti akan lebih muda dalam mendapatkan hasil baik, dari data forman dan informan. Dengan menggunakan penelitian field reseach peneliti menemukan hasil bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modelling pantas digunakan sebagai bahan untuk mengatahui kedisiplinan santri dalam menghafal qur’an di pondok pesantren Ibnu Katsir 1 Jember.

References

Damayanti, Nidya 2012. Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling Yogyakarta: Araska. Journal Lili Suryani. Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbngan Kelompok 2017:155

Damayanti, Novi Cinthia, dan Milla Hasanambella. “Peran Guru BK Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.” Upaya Penanganan Optimal Guru BK Di Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Karangan Siswa Bimbingan dan Konseling) 106 (2021).

Dhofier, 2011:34. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai Jakarta:LP3ES

Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2009

Hidayatulloh, Sukron. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Life Skill Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Falah Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus). Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Nofijantie, Lilik, dan Rukfatul Fitriah. “Terapi perilaku melalui strategi partisipan modelling untuk mengatasi siswa yang tidak berani mengemukakan pendapatnya di kelas: studi kasus pada siswa 'X' di SMPN 1 Kokop Bangkalan.” Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2014): 125-148.

Septirahmah, Andini Putri, and Muhammad Rizkha Hilmawan. "Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Kedisiplinan: Pembawaan, Kesadaran, Minat dan Motivasi, serta Pola Pikir." Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2.2 (2021): 618-622.

Sidiq, Umar, Miftachul Choiri, and Anwar Mujahidin. “Metode penelitian kualitatif dalam bidang pendidikan.” Jurnal Informasi Kimia dan Pemodelan 53.9 (2019): 1-228.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R &D (Bandung: Alfabeta, 2009), h 45

Syafe'i, Imam. "Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8.1 (2017): 61-82.

Published

2023-06-30

Versions

How to Cite

Kamaluddin, & Ika Romika Mawaddati. (2023). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1167