Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing Terhadap Pelaku Bullying Siswa SMP Plus Zainuddin Kowel Batu Kerbuy
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1166Keywords:
Konseling kelompok, Teknik Role Playing, BullyingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play di SMP Plus Zainuddin Kowel Batukerbuy dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kajian tentang bullying ini sangat penting karena akibat dari kasus bullying bisa berakibat fatal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Wilcoxon adalah Sig.(-2 tail) yang artinya 0,01 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Tes Wilcoxon diterima sebagai dapat diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play memiliki dampak terhadap bullying pada siswa kelas VIII SMP Plus Zainuddin Kowel Batukerbuy.
References
Andri Priyatna. (2010). Let’s End Bullying. Memahammi, Mencegah dan Mengatasi Bullying. Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.
Cloroso, Barbara. 2002. The Bully, The Bullied, and The Bystander. Canada: Harper Collins Publisher Ltd.
Febrianti, Thrisia. 2014. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VII 1 di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Diakses pada 16 Agustus 2019, dari: http://repository.unib.ac.id/8327/2/I,II,III,II-13-thr.FK.pdf
Hasim, Asyari & Lia Dahlia.2017. Tindakan School Bullying Pada Siswa Kelas IX Smp Al Fajar Ciputat Tanggerang Selatan. Diakses pada 16 Agustus2019
James, Alana. 2010. School Bullying. PhD Researcher.Goldsmiths University of London Mulyasa. 2002. Majemen Berbasis Sekolah. Konsep Strategis dan Implementasi. Remaja Rosda Karya. Bandung
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tatiek Romlah (2006). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negri Malang.