Pengaruh Teknik Self Talk Terhadap Stres Ringan Mahasiswa Tingkat Akhir di Ibnu Katsir 2 Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1165Keywords:
Pengaruh Teknik Self Talk, Tingkat StresAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik self talk terhadap tingkat stres ringan mahasiswa tingkat akhir di Ibnu Katsir 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir di Ibnu Katsir 2 Jember dengan sampel sebanyak 7 mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan, wawancara, dan kuesioner. Sebelum disebarkan angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : Terdapat pengaruh teknik self talk terhadap tingkat stress ringan pada mahasiswa tingkat akhir. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik self talk terdapat hasil perhitungan rata-rata pada saat pretes dan posttes mengalami pengurangan tingkat stres ringan mahasiswa. Pada pretes diperoleh skor rata-rata 32,6 dan skor rata-rata pada posttest 18 dan didapatkan selisih antara skor pretes dan posttest sebesar 14,6. Dan didapatkan pada anilisis data menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs Testnilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,018 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan pada tingkat stres mahasiswa tingkat akhir yang signifikan untuk pretest dan postest (hipotesis diterima), dengan hasil perhitungan tersebut Dapat disimpukan bahwa ada pengaruh teknik self talk terhadap tingkat stress ringan mahasiswa tingkat akhir di Ibnu Katsir 2 Jember
References
Bradley, T. Erford. 2020. 40 Teknik Yang harus Diketahui Setiap Konselor Edisi kedua. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dinasti, Nidawati Wahyu. 2011. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Jambu.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Fatimah, Marini. 2019. Efektifitas Teknik Self Talk Untuk Menurunkan Stres Remaja. Surabaya: Universitas Sunan Ampel.
Gamayanti, Watrin dkk. 2018. Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Bandung. Volume 5, Nomor 1.diakses pada tanggal 03 November 2021.
Novita, Sari Yuri. 2016. Bimbingan dan konseling Belajar (Akademik). Bandung: C.V Alfabeta.
Sugiono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: C.V Alfabeta.
Wahyuni, Nur. 2020. Penerapan Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP NEGERI 18 MAKASAR. Makasar.