Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Mind Mapping Terhadap Perencanaan Karir Mahasantri Angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember

Authors

  • Abdul Ghofur Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Aswar Anas Universitas PGRI Argopuro Jember
  • ST. Fanatus Syamsiyah Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1164

Keywords:

Mind Mapping, perencanaan karir

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik mind mapping kepada perencanaan karir mahasantri angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember. Jenis riset ini adalah kuantitatif. Sedangkan populasinya ialah semua mahasantri angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember dengan sampel sebanyak 6 mahasantri.  Hasil penelitian ini ialah adanya dampak metode teknik mind mapping atas perencanaan karir mahasantri angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember. Hal ini dibuktikan setelah pemberian treatment dengan teknik mind mapping terdapat hasil kalkulasi nilai rata rata pada saat pretest dan posttest menghasilkan kenaikan tingkat perencanaan karir mahasantri angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember. Pada pretest diperoleh skor rata-rata 127,5 dan skor rata-rata pada posttest 199,3 dan selisih diantara nilai pretest dan posttestnya yaitu 71.8.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta.

Buzan, (2007),Buku Pintar Mind mapping agar Siswa menjadi Pintar di Sekolah, Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Desmita. (2011).Psikologi Perkembangan Peserta Didik; Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP,dan SMA. Bandung:Rosda Karya.

Swadarma, D. (2013). Mind Maping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Elek Media

King, (2012). Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ghofur, A., Anas, A., & Syamsiyah, S. F. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Mind Mapping Terhadap Perencanaan Karir Mahasantri Angkatan XI Ibnu Katsir 1 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 1(2), 108–115. https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1164