Konseling Individu dengan Teknik Reinforcement Positive untuk Menurunkan Emosi Negatif Siswa Kelas XI SMA MINQU Gumukmas
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1163Keywords:
Konseling Individu, Teknik Reinforcement Positive, Emosi Negatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian DeskriptifAbstract
Penelitian ini guna untuk mengetahui bahwa konseling individu dengan teknik reinforcement positive bisa menurunkan emosi negatif siswa kelas XI SMA MINQU GUMUKMAS. Emosi negatif adalah suatu keadaan dalam diri seseorang yang dirasa kurang menyenangkan sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku individu dalam berhubungan dengan orang lain. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskripstif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil yang didapatkan adalah klien sudah bisa lebih ceria dari sebelumnya dan juga sudah bisa lebih fokus. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik reinforcement positive bisa menurunkan emosi negatif siswa kelas XI SMA MINQU GUMUKMAS
References
Baskara, Dkk. (2017). Kecerdasan Emosi Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Program Meditasi. Jurnal Psikologi, 35 (2), 101 – 115
Manizar, Ely. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (2), 1-16
Komalasari. Wahyuni. Karsih. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Dan Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Jurnal Penelitian. Vol. 12 No. 01
Flisia, Nani. (2016). Konseling Individual Di Sma Negeri Sekota Pontianak Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jurnal Pendidikan. Vol. 02 No. 02
Guzman, Kurniawan. (2018). Strategi Komunikasi Eksternal Untuk Menunjang Citra Lembaga. Jurnal Pendidikan. Vol. 07 No. 01
Wijaya, R. (2017). BAB III METODE PENELITIAN. Diakses pada 04/01/2017, dari http://repository.unika.ac.id/14816/4/13.30.0006%20Ricky%20Wijaya%20BAB%20III.pdf
Sari. N. (2005). Pengaruh Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Reinforcement Positive Untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Skripsi. Diakses dari http://eprintslib.ummgl.ac.id/1311/