Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Terhadap Tingkat Percaya Diri Siswa SMPN Sukorambi
DOI:
https://doi.org/10.31537/pandalungan.v1i2.1161Keywords:
Pengaruh Teknik Modelling, Tingkat Percaya DiriAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik modeling terhadap tingkat percaya diri siswa SMP N Sukorambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII dengan sampel sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sebelum disebarkan, angket diuji validasi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian adalah : Terdapat pengaruh dari teknik modeling terhadap tingkat percaya diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rata-rata tingkat percaya diri siswa sebelum diberikan perlakuan dengan teknik modeling adalah sebesar 29% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik modeling mengalami peningkatan sebesar 45% hingga menjadi 74%. Dari uji wilxcon mengunakan SPSS versi 25.00 hasil tabel menunjukkan output, maka menunjukkan kolom Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,009 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka bisa diartikan bahwa ada perbedaan pada percaya diri siswa yang signifikan untuk pretest dan postest (hipotesis diterima). Dapat disimpukan bahwa ada pengaruhnya antara teknik modeling terhadap tingkat percaya diri siswa.
References
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Nuansah- nuansah Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Gantika Komalasari, Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT. Indeks, 2011
Gantika Komalasari, Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : PT. Indeks, 2011
Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama, 2009
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hayyu Erfantini Imroatul, Galih Puji Mulyoto, dan Nurlaeli Fitriah. 2019. “Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia Dini’’. Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1 No. 1 (halaman 43-52). Malang. Preschool
Indawasih Novia, dan Retnaningdyastuti. 2019. “Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Efikasi Diri Siswa’’. Journal of Primary and Children’s Education Volume 2 Nomor 1 (halaman 52-58). Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Koentjoroningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1980, hal.
Marsela Iin, dkk. 2020. Peningkatan Efikasi Diri melalui Konseling Kelompok Teknik Modeling pada Siswa SMP. Lampung
Muhammad Nur Salim, Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press, 2005
Muhammad Nur Salim. Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press, 2005
Ni Luh Dian Sintadewi. 2014. “Ektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja’’. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha
Prayitno. 1995. “Layanan bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil)” Jakarta: Ghalia Indonesia
Sugiono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: C.V Alfabeta.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Raja Unnes Press