Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Persepsi Pelanggan Dan Loyalitas Di E-Commerce

Authors

  • Siti Aisah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M. Iqbal Fatoni Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Sulfiya Universitas PGRI Argopuro Jember
  • M.Aldo Ramadhani Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jembe.v2i1.2243

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh strategi pemasran digital terhadap persepsi pelanggan dan loyalitas di e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran digital terhadap persepsi pelanggan dan loyalitas di sektor e-commerce. Dengan perkembangan teknologi informasi dan meningkatnya penggunaan platform e-commerce, strategi pemasaran digital, seperti SEO, media sosial, pemasaran konten, dan email marketing, menjadi komponen penting untuk membangun hubungan pelanggan yang kuat serta meningkatkan pengalaman belanja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 200 responden yang merupakan pengguna aktif platform e-commerce. Analisis ini juga mengacu pada penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa interaksi positif di media sosial, konten yang menarik, serta iklan digital yang efektif dapat mempengaruhi loyalitas dan persepsi positif pelanggan terhadap merek di platform e-commerce. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya pemanfaatan strategi pemasaran digital dalam meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan e-commerce di Indonesia. Dengan meningkatnya loyalitas pelanggan, perusahaan dapat mengurangi tingkat churn, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan Melalui pendekatan analisis deskriptif dan regresi logistik, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran digital yang efektif tidak hanya dapat meningkatkan persepsi dan loyalitas pelanggan tetapi juga memberikan dampak langsung pada pertumbuhan bisnis di era digital.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Aisah, S., Fatoni, M. I., Sulfiya, S., & Ramadhani, M. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Persepsi Pelanggan Dan Loyalitas Di E-Commerce. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31537/jembe.v2i1.2243

Issue

Section

Articles