Pengaruh Stigma Terhadap Minat Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan

Authors

  • Hanif Hadinata Utama Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Endang Pratiwi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jembe.v2i2.1597

Keywords:

pengaruh stigma, minat penggunaan, layanan BPJS kesehatan

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan massyarakat Indonesia pemerintah telah mendirikan Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kesehatan) yang telah diatur dalam Undang-Undang nomer 24 tahun 2011. Yang implementasinya dimulai sejak 1 januari 2014. BPJS bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kesehatan Sbagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar akan kesehatan dan diberikan kepada tiap orang yang telah membayar iuran kepada pemerintah. BPJS diwajibkan bagi seluruh massayarakat Indonesia, tetapi sampai saat ini masih banyak massyarakat yang tidak menggunaka BPJS. Tujaun penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh stigma negative BPJS Kesehatan terhadap minat penggunaan layanan BPJS Kesehatan. penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya. Menurut penelitian yang dilakukan Girsang, D.L. dkk (2023), mereka menyatakan bahwa opini massayarakat terhadap BPJS-kesehatan periode januari 2020 sampai November 2022 adalah sentimental netral yang mencapai ± 60% setiap bulannya, diikuti oleh sentiment negative dan sentiment positif di ± 30% dan 10% secara berurutan. Terlepas dari sentiment netral massyarakat Indonesia banyak menuliskan opini negative tentang pelayana bpjs kesehatan seperti fasces pengguna BPJS kurang baik dan biaya pengobatan yang tidak ter-cover dibeberapa rumah sakit. Selain opini massayarat ada beberapa factor yang mempengaruhi minat penggunaan BPJS seperti pengetahuan dan biaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah stigma negative pada BPJS kesehatan dapat mempengaruhi minat penggunaan layanan BPJS.

Downloads

Published

2025-02-03

How to Cite

Utama, H. H. U., & Pratiwi, E. P. (2025). Pengaruh Stigma Terhadap Minat Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.31537/jembe.v2i2.1597

Issue

Section

Articles