Atribut Produk Sebagai Aspek Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah oleh Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Argopuro Jember

Authors

  • Roro Aditya Novi Wardhani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Yusita Titi Hapsari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Naurah Adine Idlimi Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jembe.v2i2.1548

Keywords:

atribut produk, merk, kemasan, kualitas produk, desain, label, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan untuk menganalisa pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian kosmetik dengan merk Wardah. Kemajuan zaman tak mengubah mindset wanita untuk menggunakan kosmetik halal, salah satunya ya itu kosmetik bermerk Wardah. Wardah adalah salah satu kosmetik terkemuka di Indonesia yang sudah terjamin kehalalannya dan harganya ramah dikantong mahasiswi. Sampai saat ini Wardah tetap memperbarui produknya sesuai permintaan ataupun trend dikalangan masyarakat. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswi program studi manajemen dari angkatan 2021 hingga 2023. Sampel penelitian diambil menggunakan motode purposive sampling sehingga terkumpul 100 responden dengan syarat telah menggunakan kosmetik Wardah selama kurang lebih 2 tahun. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis yang diajukan yaitu regresi linier berganda. Setelah dilakukan pengujian dan analisis data, maka ditemukan bahwa faktor at ri but pr od uk yang terdiri dari variabel merk, kemasan, kualitas produk, desain dan label  berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah mahasiswi Fakultas Ekonomi Program StudiManajemen Universitas PGRI Argopuro Jember. Hasil analisis dengan uji t menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa merk, kemasan, kualitas produk, desain dan label berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah mahasiswi Fakultas Ekonomi Program StudiManajemen Universitas PGRI Argopuro Jember terbukti kebenarannya. Hasil analysis regresi linier berganda dengan anaysis uji f menunjukkan bahwa secara simultan faktor atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah mahasiswi Ekonomi Program StudiManajemen Universitas PGRI Argopuro Jember, dengan demikian hipotesis ke dua terbukti kebenarannya.

 

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Wardhani, R. A. N., Hapsari, Y. T., & Idlimi, N. A. (2023). Atribut Produk Sebagai Aspek Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah oleh Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Argopuro Jember. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.31537/jembe.v2i2.1548

Issue

Section

Articles