Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM

Authors

  • Harmawan Teguh Saputra Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ferda Maryatul Rif’ah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Bayu Andrianto Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275

Keywords:

Strategi, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Revolusi industri 4.0 dimulai dengan kehadiran internet. Bisnis kecil dan menengah (UMKM) sekarang memiliki peluang baru untuk memasarkan barang mereka karena kemampuan untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Ini disebabkan oleh fakta bahwa internet telah mengubah standar pemasaran tradisional menjadi digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana digital marketing memengaruhi penjualan, strategi pemasaran, dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM saat menggunakan digital marketing. Studi ini menerapkan metodologi kualitatif. Penelitian dimulai dengan sejumlah wawancara kualitatif untuk mengidentifikasi hubungannya. Pemilik atau pelaku UMKM diwawancarai dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa iklan digital meningkatkan penjualan UMKM. Selain itu, temuan ini menunjukkan bahwa meskipun ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan iklan digital, pelaku UMKM sering menghadapi masalah saat ini.

 

Author Biographies

Ferda Maryatul Rif’ah , Universitas PGRI Argopuro Jember

 

 

Bayu Andrianto, Universitas PGRI Argopuro Jember

 

 

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Saputra, H. T. ., Rif’ah , F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275

Issue

Section

Articles