Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275Keywords:
Strategi, Digital Marketing, UMKMAbstract
Revolusi industri 4.0 dimulai dengan kehadiran internet. Bisnis kecil dan menengah (UMKM) sekarang memiliki peluang baru untuk memasarkan barang mereka karena kemampuan untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Ini disebabkan oleh fakta bahwa internet telah mengubah standar pemasaran tradisional menjadi digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana digital marketing memengaruhi penjualan, strategi pemasaran, dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM saat menggunakan digital marketing. Studi ini menerapkan metodologi kualitatif. Penelitian dimulai dengan sejumlah wawancara kualitatif untuk mengidentifikasi hubungannya. Pemilik atau pelaku UMKM diwawancarai dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa iklan digital meningkatkan penjualan UMKM. Selain itu, temuan ini menunjukkan bahwa meskipun ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan iklan digital, pelaku UMKM sering menghadapi masalah saat ini.