Pengaruh Pelayanan UMKM Terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Hanif Hadinata Utama Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Amanda Yuni Sintiyana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Anandea Soleha Fitri Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1271

Keywords:

Pelayanan, UMKM, loyalitas, pelanggan

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan UMKM berdampak pada loyalitas pelanggan karena banyak UMKM tidak memperhatikan tingkat pelayanannya terhadap kenyamanan pelanggannya. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan pelayanan kepada pelanggan akan menghasilkan peningkatan tingkat penjualan produk. Untuk menentukan pengaruh pelayanan UMKM terhadap loyalitas pelanggan, tim peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan, mengkaji, dan mendeskripsikan temuan penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data utama dan pendukung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang tidak terstruktur, yang berarti wawancara atau wawancara singkat dengan pelanggan mengenai layanan mereka.

 

Author Biographies

Hanif Hadinata Utama, Universitas PGRI Argopuro Jember

 

 

Amanda Yuni Sintiyana, Universitas PGRI Argopuro Jember

 

 

Anandea Soleha Fitri, Universitas PGRI Argopuro Jember

 

 

Downloads

Published

2023-06-23

How to Cite

Utama, H. H., Sintiyana, A. Y., & Fitri, A. S. (2023). Pengaruh Pelayanan UMKM Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1271

Issue

Section

Articles