Pengaruh Pelayanan UMKM Terhadap Loyalitas Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1271Keywords:
Pelayanan, UMKM, loyalitas, pelangganAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan UMKM berdampak pada loyalitas pelanggan karena banyak UMKM tidak memperhatikan tingkat pelayanannya terhadap kenyamanan pelanggannya. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan pelayanan kepada pelanggan akan menghasilkan peningkatan tingkat penjualan produk. Untuk menentukan pengaruh pelayanan UMKM terhadap loyalitas pelanggan, tim peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan, mengkaji, dan mendeskripsikan temuan penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data utama dan pendukung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi yang tidak terstruktur, yang berarti wawancara atau wawancara singkat dengan pelanggan mengenai layanan mereka.