Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Madrasah Inklusi MIMA Jombang 02 Jember
Main Article Content
Abstract
Ditengah-tengah pesatnya kemajuan zaman ini, pendidikan untuk anak luar biasa khususnya berkebutuhan khusus seharusnya diperhatikan agar mereka tidak semakin jauh dari masyarakat, karena sebagai warga negara mereka berhak atas pendidikan dan pengajaran sesuai denga kondisi dan kemampuan masing-masing. Begitu juga perlu diperhatikan pendidikan agama Islam bagi kehidupan manusia karena siswa berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian kualitatif yakni, suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. MIMA Jombang 2 dalam proses pembelajarannya melihat masing-masing kondisi anak untuk mencapai tujuan pendidikan yang semaksimal mungkin, yang disesuaikan dengan kemampuan dan bakat yang ada pada mereka. strategi yang dipakai di MIMA Jombang 2 Jombang Jember ternyata tidak seperti Pembelajaran pada anak umumnya, akan tetapi seperti yang diungkapkan guru agama apapun dapat diterapkan tetapi ini yang paling mudah, mengingat anak Berkebutuhan Khusus adalah mengalami hambatan intelektual yang memerlukan penanganan khusus disertai latihan-latihan tertentu.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Az-zahrani, Musfir bin Said, 2005. Konseling Terapi, Jakarta : Gema Insani
Depdikbud, 1977, Pedoman Pelaksanan Kurikulum Sekolah Luar Biasa Untuk Tuna Grahita, Jakarta.
Diknas. 2002. Pedoman Pengelolaan Sekolah Berbasis Kecakapn Hidup Pada Pendidikan Luar Biasa.
Djamaluddin, Abdullah.1999. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Setia
Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Hisyam, Barmawi dan Sekar. 2007. Strategi Pembelajran Aktif. Yogyakrta ; CTSD
Ilmu. Yusuf, Munawir, 2003, Pendidikan Bagi Anak dengan Problematika Belajar, Solo : Tiga Serangkai.
Rama Yulis, 2002, Psikologi Agama, Jakarta : Kalam Mulia
Sahlan, 2007. Pernilaian Berbasis Kelas. Jember: Centre of Society Studies.
Soemanteri, 2004. Pendidikan Anak Luar Biasa. Diknas
Sujanto, Agus, 1986, Psikologi Perkembangan, Surabaya : Aksara Baru
Tim Redaksi Fokus Media. 2003. Undang-Undang RI No. 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung: Fokus media
Unbiyati, nur, 1998. Ilmu Pendidikan Islam bandung : pustaka setia
W.S. Winkel, 2004. Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi