Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Permainan di Kelas V SDN 1 Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo

Main Article Content

Gustilas Ade Setiawan

Abstract

Hasil pengamatan di dalam kelas saat pembelajaran matematika berlangsung, siswa kelas V cenderung pasif dan aktivitas belajar matematika siswa sangatlah kurang. Untuk pelajaran matematika nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas V pada materi pengukuran berat yang merupakan materi sebelum dilakukannya penelitian ini adalah 50,37 dan persentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebesar 33,33%. Nilai ini sangatlah jauh dari persentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar mengajar (SKBM) yang ditetapkan di SDN 1 Tanjung Glugur, yaitu sebesar 70%. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan selama 1 bulan dengan menggunakan metode permaian dalam upaya meningkatkan aktivitas dan persetasi  belajar matematika siswa kelas V  SDN 1 Tanjung Glugur. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut perencanaan, tindakan obervasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan tiap pertemuan oleh observer untuk melihat data tentang aktivitas belajar, sementara data tentang hasil belajar diperoleh melalui nilai ulangan harian dan prestasi belajar matematika siswa di siklus 1, dan di siklus 2. Hasil yang diperoleh dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model metode permainan, memperlihatkan peningkatan hasil aktivitas siswa terutama pada aktivitas untuk menyiapkan tempat, bahan dan alat sebesar 55,56%, aktivitas untuk mengungkapkan gagasan sebesar 66,67% dan untuk aktivitas membaca aturan permainan dan buku-buku mengalami sebesar 74,04%. Berdasarkan data prestasi belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69,62 meningkat menjadi 73,51 pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 88,88% (Kategori Baik), meningkat menjadi 100% (Kategori Istimewa) pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, G. A. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Permainan di Kelas V SDN 1 Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(1), 42–56. https://doi.org/10.31537/ej.v7i1.974
Section
Articles

References

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Burhan Mustakim dan Ary Astuti. Buku Paket Mata Pelajaran Matematika Untuk SD Kelas IV. Departemen Pendidikan Nasional.

Djaramah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Febrianto, Mory Victor; Zuhro, Nur Halimatus. Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi

Konsep Pecahan Matematika Siswa Kelas Iv Dalam Masa Pandemi Covid 19 Di Sd 1 Wringin Anom Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2020/2021. Consilium: Education And Counseling Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 50 - 57, mar.2021.ISSN2775-9466.Availableat: <https://ojs.unars.ac.id/index.php/consilium/article/view/912>. Date accessed: 08 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v1i1.912.

Hasanah, Herlin Nur; Pratiwi, Vidya. Penerapan Metode Kooperatif Menggunakan Kartu Kalino Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Perkalian Pada Siswa Kelas Iii Sd Terpadu Muhammadiyah 1 Besuki Situbondo. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 62-80, june 2013. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/334>. Date accessed: 07 dec. 2022.

Hidayat, Nuris. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaranmatematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Melalui Penerapan Scientific Approach Kelas V Semester 2 di SDN 6 Dawuhan Situbondo Tahun Ajaran 2013/2014. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia).

Madya, Suarsih. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP - Yogyakarta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grafindo.

Sudjana. 2000. Metode dan Teknik Pembelajran Partisipatif. Bandung : Falah Production

Suherman dan Sukajaya. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijaya Kusuma.