STRATEGI MEDIA GAMBAR DAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING

Main Article Content

Siti Halimatus Sakdiyah
Didik Iswahyudi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tema indahnya kebersamaan melalui media gambar dan model pembelajaran kancing gemerincing. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model ini terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan dengan tahapan:  perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Apabila siklus pertama belum mencapai tujuan yang ditargetkan maka dilanjutkan dengan siklus kedua yaitu perbaikan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus berikutnya dimulai dengan perbaikan tindakan dari siklus sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 4 Malang pada kelas III tema Indahnya Kebersamaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: hasil lembar kerja siswa, angket respon siswa dalam proses pembelajaran, observasi, wawancara, dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dan model pembelajaran kancing gemerincing pada materi Indahnya Kebersamaan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas III SDN Kebonsari 4 Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sakdiyah, S. H., & Iswahyudi, D. (2018). STRATEGI MEDIA GAMBAR DAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 21–26. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/88
Section
Articles