PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI SMP NEGERI 1 AMBULU - JEMBER

Main Article Content

Suharlinah Suharlinah

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan memperbaiki pembelajaran melalui model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction). Model ini merupakan suatu model pembelajaran  yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan  autentik yakni penyelidikan  yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata (dengan melakukan eksperimen). Aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran problem based instruction disertai handout mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra-siklus aktivitas  siswa secara klasikal sebesar 52.43% yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada siklus 1 aktivitas  siswa secara klasikal rata-ratanya sebesar 74,86% mengalami peningkatan sebesar 22.43% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus 2 aktivitas  siswa secara klasikal rata-ratanya sebesar 83,24% mengalami peningkatan sebesar 30.81% persentase tersebut termasuk pada kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran problem based instruction diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 16.22%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 75.67%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 81.08%. Dari hasil di atas menunjukkan model problem based instruction disertai handout dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih memahami konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suharlinah, S. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI SMP NEGERI 1 AMBULU - JEMBER. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 35–44. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/86
Section
Articles