IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Main Article Content

Septarini Dian Anitasari

Abstract

Hasil Belajar MA Ainul Huda Banyuputih Situbondo tergolong rendah. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai UAS mata pelajaran biologi setiap tahunnya yaitu lebih dari 63% siswa dari keseluruhan siswa yang mendapatkan nilai di bawah 7. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan memperbaiki sistem pembelajaran dengan metode discovery learning. Model tindakan kelas yang diadopsi dari Hopkins yaitu model yang menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai suatu siklus spiral yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan, pada pra siklus ketuntasan klasikal dicapai 45%. Setelah dilakukan metode pembelajaran metode discovery learning pada siklus I mencapai 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 87,5%. Perolehan ketuntasan hasil belajar pada siklus II, pembelajaran dapat dikatakan tuntas secara klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anitasari, S. D. (2018). IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 62–68. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/83
Section
Articles