MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran pendidikan matematika realistik merupakan proses pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah kontekstual yang sesuai dengan kehidupan siswa. Pembelajaran matematika realistik merupakan pembelajaran yang memanfaatkan realita dan lingkungan guna memperlancar proses pembelajaran matematika. Realita atau lingkungan tersebut adalah suatu kondisi yang dapat dipahami oleh siswa. Pembelajaran matematika realistik dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. SA Roudhotus Syifa Malang yang teridiri dari 18 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian menyatakan bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari 76,66% pada siklus 1 menjadi 83,96% pada siklus 2 dan persentase aktivitas belajar siswa meningkat dari 77,67% pada siklus 1 menjadi 85,33% pada siklus 2.