Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keaktifan dan Pemahaman Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kewirausahaan Prodi PBSI STKIP PGRI Trenggalek
Main Article Content
Abstract
Kemajuan pendidikan di suatu sekolah sangat ditentukan oleh media pembelajaran yang dipakai. Media yang digunakan dalam pembelajaran akan berpengaruh pada keaktifan dan pemahaman mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain yang digunakan Quasi Eksperimental Design dan menggunakan rndom sampling sebagai Teknik pengumppulan data, dengan jumlah 39 mahasiswa denagncara pengumpulan data melalui angket dan tes. Analisis data dalam penelitain ini uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji annova dua jalur dan uji manova. Hasil dari penelitian ini Ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keaktifan Mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan kelas XI IPS STKIP PGRI Trenggalek untuk keaktifan Mahasiswa diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap pemahaman Mahasiswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS STKIP PGRI Trenggalek. Hal ini berdasarkan hasil uji manova, untuk keaktifan Mahasiswa diperoleh nilai sig. 0,036 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keaktifan dan pemahaman Mahasiswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS STKIP PGRI Trenggalek. Hal ini berdasarkan hasil uji manova, untuk keaktifan dan pemahaman Mahasiswa diperoleh nilai sig. 0,000 dan 0, 036 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Amin, M. B. Al. (2017). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 3 di SMAN 6 Bandung). 2017.
Arsyad, Azhar.2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pers
Hasan, Anisa. 2017. Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) Untuk Meningkatkan Pemahaman Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDI Pancasila Ponokawan Krian Sidoarjo. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Helmi, Y. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
La'ali Nur Aida, dkk. 2020. Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7 (1):43-50.
Mansur, U. Dkk. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 5(1):6
Melawati. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Sekolah Smp Al-Munib. Prodiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. 2 (1):155
Rizka, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG.
Rizkia, A. 2021. Analisis Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pasundan.
Satrianawati, M. P. 2018. Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Utomo, A. A. (2017). PENGARUH PEMBERIAN PENJELASAN DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA PELAJARAN SEJARAH MAHASISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. 2016.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta,cv.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009), hal: 50
Sumiharsono, M.Rudy.2017. Media Pembelajaran. Jember : Pustaka Abadi
Sinar.2018.Metode Active Learning. Yogyakarta : CV Budi Utama
Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di KampusDasar. Jakarta : KENCANA
Wahyuni, Sri. Dkk. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan Pos PAUD Melalui Penyusunan Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 6 (2):180-190.
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember. Cerdas Ulet Kreatif.
Yaumi, Muhammad.2018. Media dan Teknologi Pembelajaran.Jakarta : Prenadamedia Group
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009), hal: 50