Profil Pelaksanaan Authentic Assessment yang Dilakukan Guru Sd Dalam Implementasi Kurikulum 2013
Main Article Content
Abstract
Jenis pendekataan yang digunakaan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian adalah guru kelas 1 dan kelas 4. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian yaitu menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data . Pengujian keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelaksanaan authentic assessment yang dilakukan guru SD dalam implementasi Kurikulum 2013 pada penelitian ini yaitu guru dalam kompetensi sikap menggunakan teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan penilaian jurnal, dalam kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, guru menggunakan dua istilah, yaitu Ulangan (U) dan Ulangan Harian (UH), teknik penilaian unjuk kerja/kinerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio.
Downloads
Article Details
References
Darmanto, -, Hari, Y., & Hermawan, B. (2015). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Mandarin Berbasis Mobile Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/janapati.v4i1.9741
Hermawan, B., & Leonardo, O. P. (2017). Penggunaan Keefektivitasan Media Mobile Learning Dalam Meningkatkan Pelafalan Hanyu Pinyin Bahasa Mandarin. Paramasastra, 4(2). https://doi.org/10.26740/parama.v4i2.1537
Listyorini, T., & Widodo, A. (2013). Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android. Simetris?: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 3(1), 25. https://doi.org/10.24176/simet.v3i1.85
Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Mulyaningsih, D. H. (2014). Perbandingan Fonologi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Mandarin. BAHTERA?: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/bahtera.131.01
Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583
Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 856–864.
Salamah, C. &. (2018). Pendidikan dan pengajaran strategi pembelejaran sekolah (1st ed.). PT Grasindo.