Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna

Main Article Content

Ratih Kesuma Dewi

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah harus sesuai dengan karakteristik siswa agar tercapai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Sayangnya, kurangnya pengetahuan dan kedasaran pendidik (guru/dosen) tentang pentingnya mengenal dan menganalisa karakterisik siswa mengakibatkan proses belajar mengajar tidak maksimal. Karakteristik siswa meliputi beberapa hal yaitu, etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar (learning style), motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial, moral dan spiritual, serta perkembangan motorik. Tujuan studi ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai karakteristik siswa dan metode analisa karakteristik siswa untuk mencapai pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Studi ini menggunakan studi pustaka atau kajian litearatur, dengan pengumpulan data yang diarahkan kepada data dan informasi melalui dokumen-dokumen, tertulis, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa Untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 5(2), 255–262. https://doi.org/10.31537/ej.v5i2.525
Section
Articles

References

Arifin, Jauharoti. 2014. Analisis karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Budiningsih, Asri. 2011. Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Dalam Penelitian Dan Metode Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Diakses melalui https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4198

Degeng, N.S. 1991. Karakteristik Belajar Mahasiswa Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas/IUC
Jatmiko, Roni Priyo. 2017. Status Sosial Ekonomi, Gaya, dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 11 No 1 (2017) 38-53 ISSN (Print) : 1858-4985 http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI Roni
Juliani, I Wayan, dkk. 2016. Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2015/2016. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD: Bali.
Meriyati. 2015. Memahami Karakteristik Anak Didik. Pusat Penerbitan Fakta Press IAIN. : Bandar Lampung .
Muthoharoh, N. Badriyatul. Tingkat Intelegensi Dan Peran Orang Tua Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Jurnal ilmiah kependidikan. Jakarta: FT-MIPA Universitas Indraprasta PGRI.
Suryabrata, Sumardi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
http://ftik.iainpurwokerto.ac.id/modul perkembangan peserta didik diakses pada tanggal 3 Agustus 2021
Miles Berry (2012) [ONLINE]: http://milesberry.net/2009/09/meaningful-learning-and-ict/ diakses pada 4 Agustus 2021.
https://ruangguruku.com/macam-macam-gaya-belajar/ Juni 15, 2021 10:53 dikases pada 5 Agustus 2021.