Pengembangan Video Pembelajaran Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA SMP
Main Article Content
Abstract
Pengembangan video pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang valid dan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan. Desain penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Video pembelajaran yang telah dikembangkan diuji kelayakan produk oleh validator ahli dan pengguna. Hasil validasi video pembelajaran dikategorikan valid dengan persentase tingkat validitas mencapai 92%. Hasil kepraktisan pembelajaran menunjukkan pelaksanaannya sangat baik dengan nilai persentase 92%. Hasil keefektifan video pembelajaran menunjukkan kriteria sedang dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,45. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan, validitas video pembelajaran dikategorikan valid, sedangkan kepraktisan pembelajaran dilaksanakan dengan sangat baik dan keefektifan pembelajaran yang digunakan dikategorikan sedang. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi sumber belajar siswa di SMP.
Downloads
Article Details
References
Akbar, S. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media
Budiarso, A. S., Sutarto, dan S. Rohmatillah. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menjelaskan Fenomena IPA di Sekitar Lingkungan. Webinar Pendidikan Fisika, 5(1), 27-32.
Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator, 17(2), 7-14
Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 237-252
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 94-103
Komara, D. I., Ertikanto, C. dan Rosidin, U. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Model Tutorial Materi Impuls Dan Momentum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 10. 81-90
Kurniasari, D. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Probing Prompting Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas XI TGB di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. Hal: 1-6.
Kurniawan, D. C., D. Kuswandi, A. Husna. (2018). Pengembangan Media Video Pembelejaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP, 4(2), 119-125
Lestari, Y. Dan Mujib. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Education Coins Of Mathematics Competition (E-COC). Jurnal Matematika, 1(3), 265-274
Mulyadi, D. U., S. Wahyuni, dan R. D. Handayani. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301
Nasihah, E. D., Supeno, dan A. D. Lesmono. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44-57
Nawawi, S., T. F. Wijayanti. (2018). Pengembangan asesmen biologi berbasis keterampilan berpikir kritis terintegrasi nilai Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 136-148
Oktaviana, D., I. K. Mahardika, dan A. S. Budiarso. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Assisted By Phet Simulation to Improve the Capability of Representation Image of Science Student in Junior High School. ScienceEdu, 3(2),43-47
Septianty, R. D. P., N. Maharta, dan W. Suana. (2018). Pengembangan Video Tutorial Latihan Berpikir Kritis Pada Materi Kelistrikan. Journal of Physics and Science Learning, 2(1), 59-68
Suriyani, I. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Model Problem Solving Berbantu Wondershare Pada Materi Statistika di SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1-13
Susilowati, Sajidan, dan M. Ramli. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 26 Oktober 2017, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 223-231
Susrawan, I. N. A. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Bali Melalui Model Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) Pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Kubu Karangasem. Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar: 29-30 Agustus 2016, UNMAS Denpasar, 305-318
Wahyuni, S. (2015). Developing Science Learning Instruments based on Local Wisdom to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1-7
Wedyawati, N., Y. Lisa. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD dengan Grade Response Models Pada Pembelajaran IPA. Indonesian J. Intergr. Sci. Education (IJIS Edu), 1(1), 25-32