Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Procedure Melalui Model Pembelajaran Scramble Text Siswa

Main Article Content

Dyah Wulandari

Abstract

Permasalahan yang dihadapi peneliti selaku guru kelas IX di semester 1 hampir selalu sama, yaitu kemampuan menulis. Khususnya pada teks Procedure, padahal mereka sudah mempelajarinya di kelas VII. Oleh karena agar tidak terulang, maka pada awal tahun ajaran 2015/2016 peneliti selaku guru kelas IX SMP Negeri 2 Tugu melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran yang berbeda, yaitu Scramble text. Kelas IX A dipilih dengan pertimbangan bahwa pada prestasi belajar menulis kelas ini adalah yang paling rendah pada saat kelas VIII pada KD menulis, dengan  ketuntasan klasikal 55,56%. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus dan 4 tahap. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan nilai rata-rata yang pada saat prasiklus adalah 63,89 dan meningkat menjadi 73,75 pada siklus 1. kemudian pada siklus 2 meningkat lagi menjadi sebesar 79,72. Begitu pula dengan persentase ketuntasan kelas yang meningkat dari 55,56% pada prasiklus menjadi menjadi 72,22% pada siklus 1 dan 91,67 %  pada siklus 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wulandari, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Procedure Melalui Model Pembelajaran Scramble Text Siswa. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 171–186. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.351
Section
Articles