Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di SDN 4 Kilensari
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitain ini yaitu siswa berkebutuhan khusus yang ada di kelas 1 yaitu berjumlah 3 orang dengan kriteria sown syndrome, tuna rungu dan autis, penelitian ini dilaksanakan di lingkungan SDN 4 kilensari. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu obesrvasi, wawancara serta studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa berkebutuhan khusus yang ada di kelas 1 dapat berinteraksi sosial dengan siswa reguler yang ada di lingkungan SDN 4 kilensari yang menjadi salah satu sekolah inklusi yang ada di kec.Panarukan. Interaksi sosial di dukung oleh guru kelas dan guru pendamping dengan memberikan stimulus pada anak berkebutuhan khusus agar dapat berinteraksi dengan anak siswa reguler dengan bermain dan membiasakan ketika masuk kelas untuk mengucapkan salam dan bersalaman.