Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Main Article Content

Mory Victor Febrianto

Abstract

IPA sebagai salah satu ilmu dasar, baik aspek terapan maupun aspek penalaran mempunyai peranan yang penting dalam upaya penguasaan ilmu dan teknologi. Ini berarti bahwa sampai batas tertentu IPA perlu dikuasai oleh segenap warga, baik penerapan maupun pola pikirnya. Observasi awal bahwa di SDN 9 Patokan, ditentukan suatu permasalahan dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Daur Hidup Hewan. Hal ini teramati melalui hasil observasi yang menunjukkan bahwa dari hasil ulangan harian siswa, sebanyak 50% dari 12 siswa di kelas IV mencapai nilai kurang dari 65, yang berarti daya serap klasikal masih dibawah standar 50% dari 12 siswa. hasil tes akhir pada pelaksanaan siklus II, dapat diketahui bahwa ketuntasan hasil siswa sudah tercapai, karena terdapat 12 siswa (100%) yang mencapai nilai ³ 65. Nilai 65 ini merupakan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Ketuntasan belajar siswa ini telah mengalami peningkatan, karena pada siklus I hanya ada 9 siswa (75%) siswa yang mencapai nilai ³ 65.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febrianto, M. V. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 97–110. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.344
Section
Articles