Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Dalam Pembangunan Berkelanjutan Melalui Model Pembelajaran “Mencari Pasangan”
Main Article Content
Abstract
Secara keseluruhan penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan, sebagaimana rancangan yang dikelmukakan Tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan atau tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Dari hasil analisis kondisi pada saat siklus 1 dan siklus 2, rentang prosentase siswa yang belum tuntas pada saat siklus 1 menjadi 22,22% berkurang lagi menjadi 8,33% pada siklus 2. Sedangkan prosentase siswa yang sudah tuntas, pada saat siklus 1 77,78%, dan pada siklus 2 menjadi 91,67%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada saat siklus 1 sebesar 73,33, dan pada saat siklus 2 nilai rata-rata sebesar 79,17. Dengan demikian peneliti dan kolaborator menyepakati bahwa hasil ini sudah memenuhi target yang ditentukan, artinya penelitian tindakan kelas di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Dongko semester 1 tahun pelajaran 2012/2013 pada materi Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Berkelanjutan dengan model pembelajaran Mencari Pasangan telah berhasil