Analisis Pengaruh Kecerdasan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan Sosial terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji tahun pelajaran 2018-2019 yang terdiri atas lima kelas. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sampel yang terpilih adalah Siswa Kelas V yang berjumlah 40 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen, yaitu kuesioner kecerdasan Sosial yang terdiri atas kesadaran sosial yang dibagi antara lain Empati dasar, Penyelarasan, Ketepatan empatik, Pengertian sosial dan fasilitas sosial yang dibagi antara lain Sinkroni, Presentasi diri, Pengaruh, Kepedulian serta tes hasil belajar yang terdiri dari tes pilihan ganda. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kesadaran sosial dan fasilitas sosial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V Gugus 2 Kecamatan Panji, dengan persamaan regresi Y = 27,3 + 0,531X1 + 0,426X2 + 0,315X3 + 0,637X4 + 0,574X5 + 0,426X6 + 0,426X7 + 0,531X8 dengan koefisien R =0,68. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kecerdasan Sosial yang terdiri atas kesadaran sosial yang dibagi antara lain Empati dasar, Penyelarasan, Ketepatan empatik, Pengertian sosial dan fasilitas sosial yang dibagi antara lain Sinkroni, Presentasi diri, Pengaruh, Kepedulian berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas V Gugus 2 Kecamatan Panji.