Motivasi Belajar Siswa Dan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa terhadap Hasil Belajar

Main Article Content

Neviyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap hasil belajar secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, analisis yang digunakan adalah linier regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari Uji t, Pada variabel motivasi belajar siswa (x1) thitung(2,215) > ttabel( 1,978) dan nilai Sig< 0,05 (0,029) sehingga Ha1 diterima, yang berbunyi “ motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan Pada variabel komunikasi interpersonal guru dan siswa (x2) thitung (2,156) > ttabel (1,978) dan Sig < 0,05 ( 0,033 ). Sehingga Ha2 di terima yang berbunyi “ komunikasi interpersonal guru dan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar”. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari Uji F menunjukkan bahwa Fhitung(4,571) > Ftabel(3,066) dan Sig < 0,05 ( 0.012 ), maka Ha3 di terima yang berbunyi “motivasi belajar siswa dan komunikasi interpersonal guru dan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Neviyani, N. (2024). Motivasi Belajar Siswa Dan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa terhadap Hasil Belajar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 233–239. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1694
Section
Articles

References

Arifin,Zainal.2015.Evaluasi Pembelajaran .Bandung:PT.Remaja Rosdakarya

Iriantara,Yosal.2014.Komunikasi Pembelajaran Interaktif,Komunikatif,Dan Edukatif Dalam Kelas.Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Kunandar.2014.Penilaian Autentik.Jakarta : PT Rajagrafind Persada.

Ricardo Meilani, Rini Intansari. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https:/doi.org/ 10.17509/jpm.v2i2.8108.

Sidik, Zafar Sobandi, A. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https:/doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764.

Slameto.2013.Belajar Dan Faktor-Faktor Ynag Mempengaruhi.Jakarta : Renika Cipta.

Uno,B Hamzah.2016.Teori Motifasi Dan Pengukuran.Jakarta : PT.Bumi Aksara