The Influence Of Role-Playing Learning And Learning Interest On Conceptual Understanding Of English Subjects
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui adanya Pemahaman Konseptual Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di kota Surabaya antara yang diajar menggunakan metode Role-Playing dan yang diajar dengan menggunakan metode Simulasi dan dan Minat Belajar. Penelitian yang bersifat eksperimen ini dilaksanakan menggunakan rancangan faktorial design 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di kota Surabaya yang terdiri empat kelas dengan 133. Subyek yang menjadi fokus eksperimen diambil acak klasikal, yaitu empat kelas VIII. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji statistika Analysis of Variant (Anova). Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan Pemahaman Konseptual Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di kota Surabaya antara yang diajar menggunakan metode Role-Playing dan yang diajar dengan menggunakan metode Simulasi. ditemukan harga F hitung sebesar 24,858 dan probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf nyata 0,05 sehingga Ho ditolak, (2) Ada perbedaan Pemahaman Konseptual Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di kota Surabaya antara yang memiliki minat belajar tinggi dan yang memiliki minat belajar rendah. Ditemukan harga F hitung sebesar 231.698 dan probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf nyata 0,05 sehingga Ho ditolak, dan (3) Ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan minat belajar terhadap Pemahaman Konseptual Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di kota Surabaya. Ditemukan harga F hitung sebesar 18,017 dan probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf nyata 0,05 sehingga Ho ditolak, jadi ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan minat belajar terhadap Pemahaman Konseptual Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di kota Surabaya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Afendi, A. H., Qisthi, C. U., & Abidin, Z. (2023). Metode Meningkatkan Minat Belajar Ipa: Sebuah Studi Meta-Sintesis. Jurnal PGSD, 9(1). https://doi.org/10.32534/jps.v9i1.4307
Agung Widayat. (2023). Peningkatan Minat Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem-Based Learning. Annals of Mathematical Modeling, 1(1). https://doi.org/10.33292/amm.v1i1.1
Alamsyah, M. A., Pettalongi, S. S., & Nurdin Nurdin. (2023). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Era Society 5.0. Jurnal Kajian Islam, 0.
Alawiya, T., Dinar, M., & Asdar, A. (2022). Deskripsi Pemahaman Konseptual dan Prosedural pada Materi Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1). https://doi.org/10.35580/imed32210
Alcon Andrades, B., & Tordo, F. (2023). Online role playing: A space of narrativity within self and family staging. Evolution Psychiatrique, 88(3). https://doi.org/10.1016/j.evopsy.2023.02.001
Aulia, A., & Masniladevi. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).
Babichenko, D., Radovic, A., Patel, R., Hester, A., Powell, K., Eggers, N., & Happe, D. (2023). Evaluating the Feasibility of a Multiplayer Role-Playing Game as a Behavioral Health Intervention in Adolescent Patients With Chronic Physical or Mental Conditions: Protocol for a Cohort Study. JMIR Research Protocols, 12. https://doi.org/10.2196/43987
Budiwati, N., Heryati, T., & Hilmiatussadiah, K. G. (2019). Minat Belajar Dan Pengetahuan Awal Sebagai Determinasi Hasil Belajar. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.26740/jepk.v7n1.p19-28
Chairiyah, Nadziro, & Pratomo, W. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Media Flashcard Powerpoint Di SDN Berbah 2 Sleman. Jurnal Persada, 4(1).
Damayanti, B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2). https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.35574
Dores, O. J., Sopia, N., & Aming, A. (2023). Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23086
Gunawan, W., Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Sulton. (2019). The improvement of conceptual and procedural understanding by scaffolding with responsiveness. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(5).
Haidir, H., Mardianto, M., Azzah, S. I., Ramadhani, T. W., & Rahmadhani, R. A. (2023). Pengaruh Pendampingan Orang Tua terhadap Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4542
Hakim, L., Lubis, P. H. M., & Khaokhajorn, W. (2022). Developing the adaptive materials based on learning style to increase student’s conceptual understanding. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.47735
Hardinata, V., Warsiman, & Abadi, M. (2023). Redesain Metode Role Playing dalam Optimalisasi Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa SMA di Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8333
Hartati, L., & Jimmy Copriadi. (2023). Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19: Kajian Aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.41551
Hutauruk, F. C., & Thamrin, H. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Terhadap Minat Belajar Dengan Pembelajaran Matematika di Panti Asuhan Eben Haezer. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1). https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.909
IMRON, I. (2023). Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Ips-2 Man Kota Pasuruan. Social?: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(4). https://doi.org/10.51878/social.v2i4.1806
Isral, I., Saputri, F. H., Mariana, A. R., & Sari, R. A. K. (2023). Menimbulkan Minat Belajar Anak dalam Mengenal Alat Musik Melalui Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Academic Journal of Computer Science Research, 5(2). https://doi.org/10.38101/ajcsr.v5i2.8699
Izzah, A., & Fitriyani, H. (2019). Efektivitas Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ( Rmt ) Terhadap Pemahaman Konseptual Matematis Siswa. Prosiding Sendika, 5(1).
Lestari, Dian Puji. (2023). Implementasi Microsoft Office 365 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Vi Tema 1 Sub Tema 3. Jurnal Sinektik, 4(1). https://doi.org/10.33061/js.v4i1.5560
Lestari, Dwi Putri. (2023). Penerapan Metode Role Playing Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ppkn Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.35326/taksonomi.v3i1.3318
Lubis, D. Y., & Syafriani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4072
Meishaparina, R., Heryanto, D., & Widasari. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas Ii SDN 013 Pasir Kaliki. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.895
Munawaroh, F., Chamdani, M., & Ngatman, N. (2023). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kutowinangun Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.63214
Natalia Upa Fernandez. (2023). Efektivitas Metode Diskusi Pak Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V Sdn Lebao Tanjung. Japb: Jurnal Agama, Pendidikan Dan Budaya, 4(1). https://doi.org/10.56358/japb.v4i1.198
Osin, R., Sriartha, I. P., & Wesnawa, I. G. A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Kecamatan Sano Nggoang Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i1.55202
Pnevmatikos, D., Christodoulou, P., Georgiadou, T., & Lithoxoidou, A. (2023). Undergraduate Students’ Conceptualization of Critical Thinking and Their Ideas for Critical Thinking Acquisition. Education Sciences, 13(4). https://doi.org/10.3390/educsci13040416
Ratna. (2023). Penerapan Metode Role Playing (Sosiodrama) untuk meningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas VIII MTs Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Rizal, M., Awuy, E., Linawati, L., & Alfisyahra, A. (2022). Analisis Pemahaman Konseptual Pecahan Siswa Smp Kelas Vii Bergaya Kognitif Fi Dan Fd. Aksioma, 11(1), 67–81. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1963
Saija, M., & Beay, L. K. (2022). LKM Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Motivasi Belajar Kimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1). https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13492
Sampath, V. (2023). Use of a Role-Playing Activity To Increase Student Understanding of Bacterial Gene Regulation. Journal of Microbiology & Biology Education, 24(1). https://doi.org/10.1128/jmbe.00006-23
Sari, N., Indiati, I., & Endahwuri, D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa ditinjau dari Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6700
Setyani, S., Mustaji, M., & Suhari, S. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Tenaga Kependidikan di SMAN 1 dan SMKN 1 Panggul Trenggalek. Jurnal Pendidikan?: Riset Dan Konseptual, 6(4). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i4.604
Siagian, C. U., Napitupulu, E., & Rahayu, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Mind Map Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA SD. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 16(1). https://doi.org/10.24114/jtp.v16i1.44820
Solihah, S., Kartono, K., Dwijanto, D., & ... (2021). Pemahaman Konseptual dan Prosedural Matematis dalam Pembelajaran Kontekstual. Prosiding Seminar …, 489.
Solihin, I. (2023). Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sdn 12 Sindue. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.55681/nusra.v4i1.473
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). ALFABETA.
Susiloningsih, W. (2019). Analisis Pemahaman Konseptual Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Perencanaan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.270
Syahfitri, D., & Panjaitan, D. J. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat SMA/Sederajat Pada Masa Pandemi di wilayah Deli Serdang. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1). https://doi.org/10.54314/jmn.v6i1.285
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1).
Tusysyahidah, N., Dede Rika, Sela Uswatun Hasanah, Anggraeni, F. N., & Tabroni, I. (2023). Learning Achievement: Trial of Role Playing Methods for Active and Innovative Students. Kampret Journal, 2(2 SE-Articles).
Zahroh, S. H., Fauzi, A., & Nikat, R. F. (2022). Pemahaman Konseptual Siswa Menggunakan Sscs Problem-Solving Disertai Cps Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1). https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.16653