Persepsi Guru Tentang Pendidikan Karakter Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Deli Serdang, Sumatera Utara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik persepsi tentang Pendidikan karakter guru sekolah dasar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru di MIN 1 Deli Serdang. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru tentang pendidikan karakter MIN 1 Deli Serdang berada pada kategori “kurang sekali”.; (2) Persepsi guru tentang pendidikan karakter sekolah dasar Kecamatan Tanjung Morawa berdasarkan faktor knowing berada pada kategori “Kurang sekali": 6,67% (2 guru), kategori "Kurang": 30% (9 guru), kategori "Sedang": 20% (6 guru), "Baik": 36,7% (1 guru), kategori "Baik sekali": 6,67% (2 guru). Berdasarkan nilai rata-rata 70,37, persepsi tentang Pendidikan karakter berdasarkan faktor knowing masuk dalam kategori sedang; (3) Persepsi guru tentang pendidikan karakter sekolah dasar Kecamatan Tanjung Morawa berdasarkan faktor moral feeling/sikap berada pada kategori "Kurang sekali": 0% (0 guru), kategori "Kurang": 0% (0 guru), kategori "Sedang": 26,67% (8 guru), "Baik": 36,67% (11 guru), kategori "Baik sekali": 36,67% (11 guru). Berdasarkan nilai rata-rata 65,6, persepsi tentang Pendidikan karakter berdasarkan faktor feeling masuk dalam kategori sedang.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung CV. Alfabeta Suharsimi Arikunto. (1990). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumantri Adinugroho. (2014). Persepsi Guru Tentang Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri Skripsi Jurusan Filsafat dan Sosiologi
Prastiyo Dkk. (2014). Persepsi Terhadap Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Studi Pada Sekolah Menegah Pertama Islam Terpadu Al Madinah Tanjung Pinang. Jurnal Pendidikan. Semarang.
Karyada, I Putu Fery. (2017). Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Pelaksanaan Layanan Di SMP N 1Tabanan. Jurnal Pendidikan ekonomi
Abdia. (2018). Persepsi Guru Tentang Pendidikan Karakter (Studi di Mana Buton Tengah).Jurnal Pendidikan. Makasar.