Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Materi Ajar PKn

Main Article Content

Rival Hanip
Andhika Wahyudiono
Eva Nirtha
Rudolfus Ruma Bay

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti model Borg dan Gall. Proses penelitian dilakukan dalam tiga fase, yakni pengembangan, validasi, dan uji coba buku ajar. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner, lembar observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, Buku Ajar PKn yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Validitas Buku Ajar PKn dievaluasi oleh ahli bahasa sebesar 94% dan ahli materi sebesar 89%. Selain itu, buku ajar ini dinilai praktis dengan persentase angket penilaian mahasiswa pada tahap uji coba ketiga mencapai 90%. Secara keseluruhan, buku ajar ini juga efektif dalam mendukung proses pembelajaran, sebagaimana terlihat dari persentase lembar observasi pada uji coba terakhir, yaitu sebesar 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hanip, R. ., Wahyudiono, A. ., Nirtha, E. ., & Bay, R. R. . (2024). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Materi Ajar PKn. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 8(1), 75–82. https://doi.org/10.31537/ej.v8i1.1649
Section
Articles

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astrini. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Petunjuk Bagi Pembelajaran Dengan Pendekatan Pada Mahasiswa SMP. Volume 3 No 2 Hal. 96, Jurnal Sastra: Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Belawati, T. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta; Universitas Terbuka.

Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research; An Introduction. London: Longman.Inc.

Berns, Robert. G & Patricia M. Erickson. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for The New Economy. The Highlight Research @Work. No. 5. www. Nccte.com

Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. (2003). Pendekatan (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas

Depdiknas. (2004). Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta; Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Erwin Hskell Schell. (1997). Technique of Executive Control. Japan, Kogakusha co. Ltd.

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah. Jurnal Pancasila dan kewarganegaraan. Vol. 2, No. 2. Juli 2017.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Lillia, Lita & Widodo Antonius Tri. (2018). Implementasi Pembelajaran dengan Strategi Percobaan Sederhana Alam Lingkungan Mahasiswa Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 8, No. 2.

Martini, dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta; Hartono Media Pustaka.