Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1250Keywords:
Motivasi Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Faktor fundamental penentu hasil belajar siswa dalam mendorong adanya perubahan perilaku positif yaitu motivasi belajar. Peran guru dalam penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi merupakan respon dalam meningkatkan motivasi belajar melalui akomodasi kebutuhan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitin ini siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Muncar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu mendorong motivasi belajar dengan kategori 36% sangat baik, 55% baik, 6% cukup, dan kurang di angka 3% serta tuntas di seluruh langkah pembelajaran. Siswa berpartisipasi aktif dan mengembangkan percaya diri serta kemampuan berpikir kritis melalui motivasi belajar yang tinggi dengan fasilitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi.
Downloads
References
Ade, M. Y. N., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) Pada Materi Sistem Gerak Untuk Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 63-75.
Almarisi, A. (2023). Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111-117.
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (Lms). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65-79.
Aprima, D & S. Sari. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research And Development Journal Of Education, 9(1), 414-420.
Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Siaran Pers: Implementasi Kurikulum Merdeka Tetap Berjalan Sesuai Rencana. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Siaran-Pers-Implementasi-Kurikulum-Merdeka-Tetap-Berjalan-Sesuai-Rencana. [Diakses 27 Mei 2023].
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran Dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.
Hartatik, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sesuai Kurikulum Merdeka. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335-346.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Denan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Herdiwati, H. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sosiologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 101-107.
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (Jrpd), 4(1), 31-39.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(2807-5536), 89-100.
Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314-321.
Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68-75.
Magdalena, I., & Affifah, A. N. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). Pensa, 2(1), 1-8.
Makatita, S. H., & Azwan, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia Sma N 2 Namlea. Biosel (Biology Science And Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan, 10(1), 34-40.
Maladerita, W., Septiana, V. W., Gistituati, N., & Betri, A. (2021). Peran Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4771-4776.
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138.
Septiadi, M. A., Prawira, N. H., Aepudin, S., & Lestari, V. A. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 4(2), 51-61.
Suhesti, S., Nawir, H., & Syarifuddin, S. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Upt Spf-Sma Negeri 22 Bone Kabupaten Bone. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3095-3110.
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Kelas Ixb Semester Genap Smpn 4 Monta Tahun Pelakaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indoensia (Jppi), 1(2), 80-94.
Urang, R. O. (2020). Persepsi Guru Sosiologi Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 Di Sman Negeri 1 Maurole Kabupaten Ende. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip), 5(2), 27-33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Education Journal : Journal Educational Research and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.