Pengembangan Bahan Ajar Bimbingan Karier Berbasis Aplikasi Canva Untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Karangan

Main Article Content

Esti Indyah Pertiwi
I Nyoman Sudana Degeng
Retno Danu Rusmawati

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu Bahan Ajar sebagai sumber informasi yang menarik dengan materi Bimbingan Karier sehingga dapat meningkatkan karier dan studi lanjut bagi peserta didik Kelas X SMAN 1 Karangan. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar interaktif ini adalah model ADDIE. Pemilihan model ini didasari atas pertimbangan bahwa model ini mudah untuk dipahami, dikembangkan secara sistematis, dan berpijak pada landasan teoritis desain pembelajaran yang dikembangkan. Model ini disusun secara terprogram dengan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa Model ini terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Proses pengembangan melibatkan ahli isi/materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu juga guru Bimbingan Konseling dan peserta didik Kelas X SMAN 1 Karangan sebagai pengguna Bahan Ajar ini juga memberikan tanggapan dan masukannya. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Buku yang memiliki tingkat kelayakan materi, kelayakan desain pembelajaran, dan kelayakan media pembelajaran. Sedangkan tingkat uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pertiwi, E. I. ., Degeng, I. N. S. ., & Rusmawati, R. D. . (2024). Pengembangan Bahan Ajar Bimbingan Karier Berbasis Aplikasi Canva Untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Karangan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 303–315. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1315
Section
Articles

References

Andi, Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Benny, A.Pribadi. 2014. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian. A

Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam

Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8(I), 31–43.

Degeng, Nyoman, S. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Aras Media

Departemen Pendidikan Nasional, Teknik Belajar dengan Modul, (Jakarta: Dirjen Pendi dikan Dasar dan Menengah, 2002

Hartono. 2018. Bimbingan Karir. Prenadamedia Group: Jakarta

Hapsari, Gita Permata Puspita., & Z. (2021). Analysis Of The Needs of Animated Video Media Based on The Canva Application in Science. 6(April), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Lekasana, D. M. Mungin, E. W dan Tadjri. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling:Universitas Negeri Semarang.

Masdudi, 2015, Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Nurjati Press IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.

Nayoan, A. (2019). Cara Menggunakan Canva; Tutorial Membuat Desain Grafis. https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/?amp. Diakses Tanggal 10 Februari 2020.

Nurhayati, & Febriyanti, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran

Sejarah Berbasis Komik Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 10 Kota Jambi.

ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah …, 107–121. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/44.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2ini),1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Raaihani, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (Canva) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Skripsi. FKIP UNPAS

Rambe, Rosalina, 2018, Layanan Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI MIA3 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan, http://repository.uinsu.ac.id/4514/1/SKRIPSI%20ROSALINA%20RAMBE.pdf.

Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Rohmah, K. dan Nailul, F. 2016. Layanan Bimbinhan Karir Untuk Meningkatkan Motivasi Lanjt Pendidikan Kepeguruan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 1 Depok Sleman D.I Yogyakarta. Jurnal Hisbah 13( 1).

Salahudin, Bimbingan dan Konseling. Bandung Pustaka Setia, Bandung, 2018

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung dan Faiza, (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Voteteknika, https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Triningsih, diah erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667

Widarto. 2015. Bimbingan Kareir Dan Tips Berkarier. PT. Leutika Nouvalitera: Yogyakarta.

Wulandari & Mudinillah, Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia, 2022

Yundayani, A., Susilawati, & Chairunnisa. (2019). Investigating The Effect Of Canva On Students’ Writing Skills. Creative Education, 7(2), 151–155.120 https://doi.org/10.4236/ce.2019.101011