Implementasi Problem Based Learning Dipadu NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 02 Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1312Keywords:
Problem Based Learning, NHT, Hasil BelajarAbstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan peserta didik untuk turut aktif dalam pembelajaran biologi dengan menerapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Implementasi model pembelajaran PBL ini diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk lebih memiliki inisiatif yang tinggi pada saat belajar secara mandiri dikelas. Salah satu strategi belajar yang dapat mendukung pelaksanaan model pembelajaran PBL ini adalah strategi NHT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Probelm Based Learning (PBL) dipadu strategi NHT (Number Head Togheter) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA 7 SMAN 02 Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XII IPA 7 yang terdiri dari 29 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Sumber data diperoleh dari data hasil posttest kognitif peserta didik. Instrument penelitian yang digunakan berupa Modul Ajar dan 10 butir soal posttest berupa pilihan ganda. Teknik pengumpulan data melalui posttest. Dalam menganalisis data yang dikumpulkan, digunakan analisis statistic deskriptif berupa diagram. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini dimana rata-rata pada pra siklus menunjukkan 65 dengan kriteria ketuntasan 72% , pada siklus 1 mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 70 dengan kriteria ketuntasan 86% serta pada siklus terakhir mengalami peningkatan lagi rata-ratanya menjadi 74 dengan kriteria ketuntasannya sebesar 90%.
Downloads
References
Agustin, O.?:, Dakhi, S., Prodi, D., Pancasila, P., Sekolah, K., Keguruan, T., Pendidikan, I., & Selatan, N. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f
Azizah Anisatul, & Fatamrgana Fayakunia Realita. (n.d.). Penitngnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran.
Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959–1965. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2285
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54
Hangesti, E., Dewi, P., Akbari, S., & ?ugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono The Improvement Activities and Learning Outcomes of Biology Through Problem Based Learning (PBL) Model on Environmental Pollution Material for Class X Students Senior High School 1 Jatisrono. In Journal of Biology Learning (Vol. 1, Issue 1).
Hardianti, H., Copriady, J., & Haryati, S. (2020). Model Pembelajaran PBL Dipadu Strategi NHT Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 109. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315
Imam, H., & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecial
Indah Puspaningrum, D., Noor Wijayanto, M., Setiawaty, R., & Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). Seminar Nasional LPPM UMMAT Model NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Literature Review).
Isnad Pertiwi, S., & Muchsini, B. (n.d.). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Kom-binasi Model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together Pada Siswa Akuntansi SMK. In Septiana Isnad Pertiwi (Vol. 6, Issue 3). Desember.
Khatimah, H. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. In Ainara Journal (Vol. 3, Issue 1). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Kusumawati Naniek, & Nursafitri Mellynia Dwi. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meingkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangangbiakan Makhluk Hidup pada Kelas VI SDN Bongsopotro 01 (Vol. 6, Issue 2).
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Pahmi, S., Yulia Friska, S., Prananda, G., & Pd, M. (2021). PENGARUH MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 9(1). https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index
Sunarya Amijaya, L., Ramdani, A., & Merta, W. (2018). EFFECT OF GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL TOWARDS STUDENT LEARNING OUTCOMES AND CRITICAL THINKING ABILITY. J. Pijar MIPA, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13.i2.468
Wakoyah, S. (2013). PENINGKATAN PENGHAYATAN SISWA DALAM MEMBACA PUISI DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS III SD NEGERI CIORA KECAMATAN GROGOL KOTA CILEGON.
Wulansari, B., Rokimah Hanik, N., & Adi Nugroho, A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari Implementation of Problem Based Learning (PBL) Model Accompanied by Mind Mapping to Improve Biology Learning Outcomes on Student for Class X Students Senior High School 1 Tawangsari. In Journal of Biology Learning (Vol. 1, Issue 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Education Journal : Journal Educational Research and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.