Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas X SMAN Plandaan Jombang

Authors

  • Siyadi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Mustaji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Wayan Arsana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Model PBL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kimia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dan PS terhadap hasil belajar mata pelajaran kimia, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran kimia, dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar yang berbeda terhadap hasil belajar mata pelajaran kimia. Penelitian yang bersifat eksperimen ini dilaksanakan menggunakan rancangan faktorial design 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri empat kelas dengan 120 siswa SMAN Plandaan Jombang. Subyek yang menjadi fokus eksperimen diambil acak klasikal, yaitu empat kelas MIPA1,2,3,4 dari SMAN Plandaan Jombang. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji statistika Analysis of Variant (Anova). Hasil penghitungan menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL dan model Problem Solving terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas X SMAN Plandaan Jombang, yaitu siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang menggunakan model Problem Solving, (2) Terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar siswa Kelas X SMAN Plandaan Jombang, yaitu siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik hasil belajarnya daripada siswa yang motivasi belajarnya rendah, dan (3) Terdapat Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas X SMAN Plandaan Jombang, dalam hal ini motivasi sebagai variabel moderator sangat mendukung hubungan yang kuat antara variabel bebas dan variabel terikatnya. Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan motivasi yang tinggi dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, T., Sitompul, H., & Situmorang, J. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Hybrid Learning dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Matakuliah Pengantar Sosiologi. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12(2). https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.20155

Chu, Y., Feng, D., Liu, Z., Zhao, Z., Wang, Z., Xia, X. G., & Quek, T. Q. S. (2022). Hybrid-Learning-Based Operational Visual Quality Inspection for Edge-Computing-Enabled IoT System. IEEE Internet of Things Journal, 9(7). https://doi.org/10.1109/JIOT.2021.3107902

Delavar, M. R. (2022). Hybrid machine learning approaches for classification and detection of fractures in carbonate reservoir. Journal of Petroleum Science and Engineering, 208. https://doi.org/10.1016/j.petrol.2021.109327

Dian Anggreni, I. D. A. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17333

Engel, A., & Coll, C. (2022). Hybrid teaching and learning environments to promote personalized learning. RIED-Revista Iberoamericana de Educacion a Distancia, 25(1). https://doi.org/10.5944/ried.25.1.31489

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021.

Gunawan1, W., Mastoah2, I., , Niken Septantiningtyas3(, Y. W., & Atiqoh5. (2022). Pengaruh Strategi PBL dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 6(4), 6023–6029.

Hastiyaningsih, A. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH-MASALAH EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ICE BREAKING. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(1). https://doi.org/10.33658/jl.v14i1.108

Hidayati, L., Amalyaningsi, R., Ningrum, W. A., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning di MTs Negeri 2 Sidoarjo. PENSA E-JURNAL:Pedidikan Sains, 10(1).

Hybrid learning for the digital natives: Impacts on academic performance and learning approaches. (2022). Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(1). https://doi.org/10.34044/j.kjss.2022.43.1.27

Irawan, E., & Fadly, W. (2020). Membudayakan Pembelajaran Hybrid di Sekolah Melalui Coaching Edukatif Pemanfaatan Google Classroom. J-Dinamika?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1423

Kurniadi, A., Popoi, I., & Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Misnah. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Situs Lumpang Batu dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Ng, B. J. M., Han, J. Y., Kim, Y., Togo, K. A., Chew, J. Y., Lam, Y., & Fung, F. M. (2022). Supporting Social and Learning Presence in the Revised Community of Inquiry Framework for Hybrid Learning. Journal of Chemical Education, 99(2). https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c00842

Nurhaliza, P. (2019). … penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan LKS pada materi gaya dan hukum Newton terhadap kompetensi fisika siswa kelas X …. Pillar of Physics Education.

Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596

Rachmawati et al. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid Pada Keterampilan Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1Rachmawati et al. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid Pada Keterampilan Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 203–216.).

Riyadi, J. S. (2020). Pembelajaran matematika guided note taking dan PBL ditinjau dari motivasi belajar untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah. … Education Jurnal Pendidikan Matematika.

Setiawan, D., Irawati, M. H., Indriwati, S. E., Sari, M. S., Fachrunnisa, R., & Mardiyanti, L. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE HYBRID LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENGEMBANGAN PROFESI GURU. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2). https://doi.org/10.17977/um052v11i2p77-82

Sheik Abdullah, A., Abirami, R. M., Gitwina, A., & Varthana, C. (2021). Assessment of academic performance with the e-mental health interventions in virtual learning environment using machine learning techniques: A hybrid approach. Journal of Engineering Education Transformations, 34(Special Issue). https://doi.org/10.16920/jeet/2021/v34i0/157109

Sudarsana, W., Darsikin, D., & Syamsu, S. (n.d.). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VII SMP Labschool UNTAD Palu. Jurnal Kreatif Online.

Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19178

Yanti, R., Prihatin, T., & Khumaedi, K. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DITINJAU DARI KEBIASAAN MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.27422

Ya?ar Kazu, ?., & Yalç?n, C. K. (2022). Investigation of the Effectiveness of Hybrid Learning on Academic Achievement: A Meta-Analysis Study. Cemre Kurto?lu Yalç?n, English Teacher, Ministry of National Education International Journal of Progressive Education, 18(1).

Downloads

Published

2024-01-09

How to Cite

Siyadi, S., Mustaji, M., & Arsana, W. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran PBL Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas X SMAN Plandaan Jombang. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 255–267. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/1286

Issue

Section

Articles