Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Model PBL Berbantuan Gallery Walk Untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMAN 1 Muncar
DOI:
https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1285Keywords:
Teaching at the Right Level, Minat Belajar, Gallery Walk, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar biologi peserta didik di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Muncar. Kondisi ini disebabkan oleh rasa bosan dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi kemampuan kognitif peserta didik. Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) dengan model PBL berbantuan Gallery Walk dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif solusi dalam mengatasi rasa bosan yang dialami oleh peserta didik akibat kurangnya kesesuaian antara permasalahan yang disajikan dengan kebutuhan belajar mereka serta keinginan dari peserta didik untuk belajar dengan cara yang berbeda. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti skema Kemmis dan McTagart yakni perencanaan, (planning), tindakan (action), pengamatan/observasi (evaluation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui hasil wawancara dan observasi, serta data kuantitatif berdasarkan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat belajar biologi peserta didik meningkat dari tindakan prasiklus hingga siklus II. Selama 2 siklus, persentase minat belajar peserta didik pada kriteria Sangat Tinggi meningkat sebesar 2,9%. Persentase kriteria Cukup (C) juga meningkat dari prasiklus ke siklus I sebesar 23,5%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3%. Persentase kriteria Kurang (K) menurun dari prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 23,5%. Hasil penelitian ini dinilai berhasil karena persentase minat belajar peserta didik seluruhnya berada pada kategori Cukup dan Sangat Tinggi.
Downloads
References
Anisah, H., & Fajriah, N. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran ARIAS. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 114-122.
Arini, D. D., & Kharnolis, M. (2022). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa tata busana kelas X SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal Online Tata Busana, 11(01), 9-13.
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas ix smpit khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.
Bulolo, S. (2022). Pengaruh metode gallery walk terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran ipa terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Lahusa tahun pembelajaran 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 257-266.
Defitriani, E. (2019). Differentiated Instruction: Apa, Mengapa dan Bagaimana Penerapannya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 111-120
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan minat belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik pada pembelajaran berbasis daring. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 117-126.
Hamidah, S. N., Bektiarso, S., & Subiki, S. (2022). Penerapan model PBL berbantu media index card match untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa materi wujud benda. Jurnal Edumaspul, 6(1), 449-455.
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan metode snowball throwing pada siswa kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 179-188.
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1). 59-74
Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66).
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.
Lismaya, L. 2019. Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya: MSC.
Luzyawati, L., & Hamidah, I. (2020). Implementasi metode gallery walk terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada materi virus. Bio Educatio, 5(2), 378774.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?. IJAR, 1, 2.
Muawiah, S., & Busrah, Z. (2021). Penggunaan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 140-156.
Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Muthoharoh, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Konsep dan Implementasinya. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 5(1), 125-132.
Ni’mah, N. K., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media genially dalam pembelajaran daring bahasa indonesia pada siswa kelas x sma negeri 5 malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1-10.
Nugroho, B. A., & Haslina, H. (2022). Peningkatan minat belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL): Berbasis STEAM. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL SALINGDIDIK (Vol. 9).
Purnamawati, S. (2023, May). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan masalah ekonomi di kelas XB Semester Ganjil SMA N 3 Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. In Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 01).
Rahmawati, D., & Asri, M. T. (2023). Pengembangan e-lkpd virus berbasis problem based learning untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 250-259.
Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi siswa terhadap pembelajaran e-learning melalui media google classroom untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44-55.
Rustam, R., Syamsudduha, S., & Damayanti, E. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Biologi. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 1-10.
Rustam, R., Syamsudduha, S., & Damayanti, E. (2020). Pengaruh penerapan metode gallery walk terhadap minat belajar peserta didik biologi. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 1-10.
Saptariana, M., Wijayaningsih, E., Saefullah, A., Rahayu, F. F., & Avivi, A. A. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS X. PREDIKSI (PROFESI PENDIDIKAN INDONESIA), 3(1). 39-48.
Shofwani, S. A., & Rochmah, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar managemen operasional di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 439-445.
Siregar, M. U. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sma Negeri 6 Medan. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53-59.
Siregar, S. M. D., & Saragi, D. (2022, July). Efektifitas model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) pada mata pelajaran sains di kelas v sdn 10 ulu mahuam tahun pelajaran 2021/2022. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Wicaksana, F. M., Susilo, H., & Tenzer, A. (2019, December). Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan metode gallery walk untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas XI SMAK Kalam Kudus Malang. In Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya ke (Vol. 4, p. 434).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Education Journal : Journal Educational Research and Development
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.