Pelibatan Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Krativitas Belajar Anak Usia Dini Di Pos PAUD Teratai 23

Main Article Content

Mukhtar Zaini Dahlan

Abstract

Orang tua memiliki tanggung jawab dan tanpa ada yang mengarahkan mereka untuk mengambil peran sebagai orang tua, sebagai pengasuh, pembimbing, sebagai guru dan pembimbing anak-anaknya. Orang tua dan guru juga harus memahami apa arti kreativitas dan bagaimana hubungannya dengan tingkat perkembangan anak, dan mereka harus memiliki keterampilan untuk membantu dan mendorong anak untuk mengekspresikan kreativitasnya. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab orang tua, guru, dan masyarakat untuk memelihara,, menghormati, dan memastikan lingkungan fisik dan sosial yang mendukung perkembangan anak. Komunikasi dengan orang tua merupakan salah satu tugas seorang pendidik. Orang tua juga harus menghubungi guru. Komunikasi dua arah ini sangat efektif dalam memberikan layanan PAUD yang berkualitas. Orang tua dan pendidik berbagi informasi tentang program kelembagaan dan masing-masing anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dahlan , M. Z. . (2024). Pelibatan Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Krativitas Belajar Anak Usia Dini Di Pos PAUD Teratai 23. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 209–219. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1266
Section
Articles

References

Ali Nugraha dan Yeni Rachmawati. (2011). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka

Bernard Spodek (1991) Reconceptualizing Early Childhood Education: A Commentary, Early Education and Development, 2:2, 161-167, DOI: 10.1207/s15566935eed0202_7 di akses 1 Juni 2023

Campo, Jill. (2011). Parental Involvement in Education: Model Exploration Among Parents of Elementary and Middle School Students. Diunduh dari www.Proquest.com pada 15 Maret 2023

Coleman, M. (2013). Empowering FamilyTeacher Partnerships building connections within diverse communities. United States of America: SAGE Publication

Halgunseth, L. C. & Peterson, A. (2009). Family Engagement, Diverse Families and Early Childhood Education Programs: An Integrated Review of the Literature. Diakses dari https://www.naeyc.org/files/naeyc/file/research/FamEngage.pdf diakses pada 8 Maret 2023.

Hodgkinson, Kenneth W.( 2010). Parental Involvement and Assistant Principal Efficacy. Diakses dari www.Proquest.com pada 15 Maret 20123

Marshall, JeVon. (2010). Parental Involvement: A Case Study Looking Closely at Teacher and Parent Perceptions of Effective Parental Involvement. Diakses dari www.Proquest.com pada 15 Maret 2019.

Morisson, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Soemiarti Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : PT Rieneka Cipta.

M Subana, Sudrajat, 2005, Dasar- dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia