Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended Learning Pada Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Pokok Bahasan Undang Undang Omnibuslaw
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk Penelitian ini Mengembangkan buku bahan ajar berbasis blended learning agar bahan ajar dapat diakses dari manapun dan tempat dimanapun secara online, dengan waktu yang tidak terbatas, sehingga akan meningkat ketertarikan dan minat belajar serta meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi secara keseluruhan. Pemilihan model ini didasari atas pertimbangan bahwa model ini mudah untuk dipahami, dikembangkan secara sistematis, dan berpijak pada landasan teoritis desain pembelajaran yang dikembangkan. Prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development) dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model ADDIE ini adalah singkatan untuk lima tahap proses pengembangan, yaitu Analysis (analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi). Proses pengembangan melibatkan ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu guru mata Pelajaran Prakarya dan kewirausahaan pokok bahasan Undang Undang Omnibuslaw. sebagai pengguna Bahan Ajar Berbasis Blended Learning ini juga memberikan tanggapan dan masukannya. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Bahan Ajar Berbasis Blended Learning ini memiliki tingkat kelayakan materi 90.3%, kelayakan desain pembelajaran 80,9%, dan kelayakan media pembelajaran 89,2%. Sedangkan tingkat uji coba kelompok kecil adalah 81.4% dan berdasarkan uji coba lapangan 83,7% dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Astawan, G., & Gitakarma, M. S. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika …, 4(5).
Bahari, B., Arafat, Y., & Toyib, M. (2021). Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Kelas Xi Sma Pgri 4 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2). https://doi.org/10.31851/neraca.v5i2.6663
Baidowi, B., Sarjana, K., Novitasari, D., & Kurniawan, E. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan Lesson Study melalui Blended Learning. Jurnal Pijar Mipa, 16(3). https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2267
Fidiatun, E. N., Indrawati, C. D. S., & Ninghardjanti, P. (2018). Penerapan Blended Learning Berbasis Aplikasi Schoology Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Administrasi Humas Dan Keprotokolan. Paedagogia. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.18454
Gestira, M., Abdurrahman, & Viyanti. (2021). PjBL-Based Blended Learning Implementation on Energy Topic to Improve the Problem-Solving Skill. Impulse: Journal of Research and Innovation in Physics Education, 1(1). https://doi.org/10.14421/impulse.2021.11-04
Hariadi, S. (2020). Pengembangan Multimedia Teks Wawanrembug Berbasis Blended Learning pada Siswa VIII. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i1.125
Haris, A., Sentaya, I. M., & Sulindra, I. G. M. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis Di Sma Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.36312/jime.v8i1.2756
Knoblauch, C. (2022). Digital Project-Based Learning in the Higher Education Sector. Lecture Notes in Networks and Systems, 349 LNNS. https://doi.org/10.1007/978-3-030-90677-1_17
Leny Dhianti. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1). https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10
Lisnawati, L., Harun, C. Z., & Niswanto, N. (2021). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Wirausaha Di Man Model Banda Aceh. Visipena, 12(1). https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1289
Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika …, 7(4).
Nopitasari, E., Rahmawati, F. P., & Ratnawati, W. (2022). Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran pada Masa Pandemi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Educatif?: Journal of Education Research, 4(1).
Nudin, F., Rufi’i, R., & Walujo, D. (2021). Pengaruh E-Learning, Pembelajaran Langsung, dan Faktor Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Prakarya Kewirausahaan. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p222
Pandangwati, T., Ulfa, S., & Toenlioe, A. J. E. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Rangkaian LEAD (Listen, Explore, Analyze, and Do) untuk Menumbuhkan Adversity Quotient Berbantuan Mobile Learning Schoology. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(7).
Rejekiningsih, T., Budiarto, M. K., & Sudiyanto, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Potensi Lokal Untuk Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p167--185
Ropero-Padilla, C., Rodriguez-Arrastia, M., Martinez-Ortigosa, A., Salas-Medina, P., Folch Ayora, A., & Roman, P. (2021). A gameful blended-learning experience in nursing: A qualitative focus group study. Nurse Education Today, 106. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.105109
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP …, 7(3).
Sukmakelana, A. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Aspek Pengolahan Makanan Di Smk Negeri Batujaya Karawang. Jurnal Pedagogiana, 9(8). https://doi.org/10.47601/ajp.77
Surani, S., Hamid, A., & Ampera, D. (2021). Blended Learning Based Optitex Media Development for Students in Fashion Design Education Study Program State University of Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1). https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1657
Susanto, E. J. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Lms Untuk Membangun Antusiasme Siswa Dalam Kegiatan Literasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia, 1(1). https://doi.org/10.47387/sena.v1i1.40