Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar Fisika antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model problem-based learning dan kelompok siswa yang menggunakan model discovery learning (2) untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar Fisika antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, dan (1) untuk mengetahui Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Fisika pada siswa kelas XI SMAN 1 Sukodadi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimental faktorial 2X2. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan metode tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik ANAVA dua jalur. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sukodadi. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Fisika siswa, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika siswa yang memiliki motivasi Belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi Belajar rendah. dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi Belajar terhadap hasil belajar Fisika. Pembelajaran Fisika dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), siswa-siswa yang mempunyai tingkat motivasi Belajar tinggi mempunyai hasil belajar Fisika lebih baik dibandingkan siswa-siswa yang mempunyai tingkat motivasi Belajar rendah.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Andriani, W., Setyosari, P., Kuswandi, D., Kamdi, W., Gunawan, W., Karyono, H., & Student, G. (N.D.). Application Of Murder Collaborative Learning And Achievement Motivation On Problem-Solving Skills. In International Journal Of Innovation, Creativity And Change. Www.Ijicc.Net (Vol. 14, Issue 2).
Fatchurrohman, R. (2011). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produtif Teknik Kendaraan Ringan Kelas Xi. Jurnal Pendidikan.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2).
Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6).
Gunawan, W., Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Sulton. (2019). The Improvement Of Conceptual And Procedural Understanding By Scaffolding With Responsiveness. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 7(5).
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ppkn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1). Https://Doi.Org/10.21831/Civics.V14i1.14558
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & ... (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ips ….
Nurhaliza, P. (2019). … Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lks Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X …. Pillar Of Physics Education.
Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-Pbl: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1270
Riyadi, J. S. (2020). Pembelajaran Matematika Guided Note Taking Dan Pbl Ditinjau Dari Motivasi Belajar Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. … Education Jurnal Pendidikan Matematika.
Siti Nurjanah, R. D. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Ips Terpadu Pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jiipsi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1).
Sudarsana, W., Darsikin, D., & Syamsu, S. (N.D.). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Vii Smp Labschool Untad Palu. Jurnal Kreatif Online.
Sufirmansyah, S., & Prameswati, L. N. (2020). Implementasi Problem Based Learning Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Di Sekolah Luar Biasa Putera Asih Kediri. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 90–103. Https://Doi.Org/10.53627/Jam.V7i1.3924
Suryanti, E., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Pengetahuan Peserta Didik Fisika Sma. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 305. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V7i2.5959
Susanti, R., Martini, M., Wati, A., & Salsabilla, J. D. (2021). Uji Kelayakan Instrumen Untuk Pengukuran Hubungan Motivasi Belajar Dan Dukungan Keluarga Dengan Produktivitas Mahasiswa Dalam Melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2). Https://Doi.Org/10.32831/Jik.V9i2.329
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Teaching?: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3). Https://Doi.Org/10.51878/Teaching.V1i3.444
Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). The Influence Of E-Learning Use To Student Cognitive Performance And Motivation In Digital Simulation Course. Ijie (Indonesian Journal Of Informatics Education). Https://Doi.Org/10.20961/Ijie.V1i2.12812
Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V2i2.19178
Waluyo, A., Wardani, N. S., & Prastetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pbl-Gi Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i1.63
Yennita, Y., & Zukmadini, A. Y. (2021). Problem-Based Learning (Pbl) And Blended Learning In Improving Critical Thinking Skills And Student Learning Activities In Biochemistry Courses. Journal Of Physics: Conference Series, 1731(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1731/1/012007
Yulia Sari, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Lemma, 7(2). Https://Doi.Org/10.22202/Jl.2021.V7i2.4121