PENGEMBANGAN HANDOUT MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar handout mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, mendiskripsikan langkah-langkah pengembangannya serta melihat validitas handout. Metode penelitian pengembangan bahan ajar handout dengan menggunakan model Four D (4D) yang meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate yang direduksi penggunaannya menjadi 3 (tiga) langkah. Hasil validasi dari ahli materi didapatkan skor presentase 84% dengan kategori cukup valid, ahli bahasa diperoleh skor presentase 80% dengan kategori cukup valid, ahli media didapatkan skor presentase 83% dengan kategori cukup valid, kelompok kecil didapatkan skor presentase 82% dengan kategori cukup valid dan kelompok besar atau lapangan diperoleh skor presentase 86% dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan hasil validasi didapatkan skor presentase 83% dengan kategori cukup valid. Sesuai dengan hasil penelitian maka handout mata kuliah Perkembangan Peserta Didik bisa digunakan sebagai bahan ajar perkuliahan.