PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar Anak kelompok A dengan tema binatang di TK Bina Anaprasa Cumedak Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi, hasil belajar anak yang diamati dalam penelitian ini yaitu hasil belajar anak yang meliputi dua aspek yaitu aspek kognitif dan aspek motorik halus, untuk untuk aspek kognitif yang diamati yaitu anak dapat mengelompokkan 5 gambar binatang yang ada di udara sedangkan untuk motorik halus yaitu anak dapat mewarnai gambar binatang tampa keluar garis. Dari analisis data diketahui pada prasiklus hasil presentase anak indikator I dan II yaitu mencai 40% setelah diadakan tindakan siklus I pertemuan I hasil presentase anak Indikator I mencapai 67% dan indikator II mencapai 73% pada pertemuan ke II hasil presentase anak indikator I mencapai 80% dan indikator II mencapai 87%. Pada siklus II pertemuan I hasil presentase anak mencapai 80% dan indikator ke II pertemuan ke II indikator I mencapai 87% sedangkan indikator ke II mencapai 93%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas berhasil.