PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Syarifah Arafat
Arie Eko Cahyono

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar Anak kelompok A dengan tema binatang di TK Bina Anaprasa Cumedak Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi, hasil belajar anak yang diamati dalam penelitian ini yaitu hasil belajar anak yang meliputi dua aspek yaitu aspek kognitif dan aspek motorik halus, untuk  untuk aspek kognitif yang diamati yaitu anak dapat mengelompokkan 5 gambar binatang yang ada di udara sedangkan untuk motorik halus yaitu anak dapat mewarnai gambar binatang tampa keluar garis. Dari analisis data diketahui pada prasiklus hasil presentase anak indikator I dan II yaitu mencai 40% setelah diadakan tindakan siklus I pertemuan I hasil presentase anak Indikator I mencapai 67% dan indikator II mencapai 73%  pada pertemuan ke II hasil presentase anak indikator I mencapai 80% dan indikator II mencapai 87%. Pada siklus II pertemuan I hasil presentase anak mencapai 80% dan indikator ke II pertemuan ke II indikator I mencapai 87% sedangkan indikator ke II mencapai 93%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arafat, S., & Cahyono, A. E. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 2(2), 53–63. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/113
Section
Articles