PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK KANZUL MAKARIM GLENMORE BANYUWANGI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar anak di TK Kanzul Makarim melalui penerapan metode tanya jawab. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam meningkatkan motivasi belajar di kelompok B TK Kanzul Makarim. Penelitian Kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 25 anak. Penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kevalidan data, peneliti menggunakan analisis chi kuadrat. Hasil analisis chi kuadrat menghasilkan X² = 8,75 lebih besar dari X² = 3,84 pada taraf signifikansi 5%, berarti menunjukkan ada pengaruh. Kesimpulan penelitian ini bahwa metode tanya jawab berpengaruh terhadap motivasi belajar anak usia dini di TK Kanzul Makarim Kecamatan Glenmore