Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga di SDN Sukorejo 6

Authors

  • Della Septania Fachrudi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Marsidi Marsidi Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Hesti Agustin Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/dedication.v8i1.1703

Keywords:

Literasi, Numerasi, Permainan Ular Tangga, Pendidikan Dasar

Abstract

Literasi numerasi  merupakan keterampilan inti yang diperlukan oleh anak dan dan dievaluasi sebagai kontribusi signifikan dalam kemampuan kognitif seseorang. Literasi dan numerasi merupakan aspek penting dari pendidikan dasar. Penelitian ini menyelidiki bagaimana menggunakan media pembelajaran, khususnya permainan papan Ular Tangga untuk meningkatkan kedua keterampilan tersebut. Melalui pendekatan kreatif dan interaktif, Ular Tangga mendorong keterampilan matematika, membaca dan menulis serta pengayaan kosa kata. Mengintegrasikan permainan papan ini ke dalam kurikulum sekolah dasar memberikan kesempatan kepada guru untuk mengajarkan berbagai konsep melalui pengalaman belajar yang menyenangkan. Studi ini mengkaji efektivitas ular tangga dalam mendorong pengembangan literasi dan numerasi pada anak usia dini dan memberikan implikasi penting bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dalam konteks pendidikan dasar.

References

Allinda Hamidah. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia, 10(02), 157–162. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.70

Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Farissi Hamama, S., & Maulida, M. 2022. Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas UNAYA, 3(2), 37–41. www.jurnal.abulyatama.ac.id/xxxxxxxx

Bambang Suharto, Aji Akbar Firdaus, Damar Kristanto, Novianto Edi Suharno, Dimas Fajar Uman Putra, & Vicky Andria Kusuma. 2022. Pengaruh Kemampuan Literasi Mahasiswa Universitas Airlangga Di Berbagai Bidang Keilmuan. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 6(2), 325–333. https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.325-333

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Fadli, M. R. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Feriyanto, F. 2022. KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Menteri Pendidikan Kebudayaan Ristekdikti menetapkan kebijakan. Jurnal Gammath, 07(02), 86–94.

Ferryka, P. Z. 2018. Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64.

Kaltsum, H. U. 2017. Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol, 19–24.

Perdana, R., & Suswandari, M. 2021. Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Rachma, R. 2023. Kajian literatur: kemampuan numerasi pada perkembangan peserta didik di lingkungan sekolah. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 2(1), 7. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v2i1.1456.

Downloads

Published

2024-03-20

Issue

Section

Articles