Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Google Sites pada Materi Protista Siswa Kelas X SMAN 9 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2577Keywords:
ADDIE, Google Sites, Pengembangan Media Pembelajaran, Protista.Abstract
Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan Google Sites pada Materi Protista Siswa Kelas X SMAN 9 Makassar, serta mengujivaliditas dan kepraktisan media ajar. Media ajar ini dikembangkan menggunakan Google Sites memuat tujuan pembelajaran, materi, video dan game. Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli, angket respon guru dan respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa media ajar yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan hasil uji kevalidan yang sama yakni 51 dengan skor maksimum 56. Uji kepraktisan yang dilakukan oleh gurumemperoleh presentase kepraktisan 80% (kategori praktis), sedangkan uji kepraktisan oleh siswa memperoleh presentase sebesar 86% (kategori sangat praktis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan segai mmedia pembelajaran pada materi Protista.





