Pengembangan E-Modul Berbasis IOC (Inside Outside Circle) Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI

Authors

  • Dina Amalia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hilmi Hambali Universitas Muhammadiyah Makasar
  • Rafiah Mahmudah3 Universitas Muhammadiyah Makasar

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2556

Keywords:

IOC, Pengembangan E-Modul, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis IOC (Inside Outside Circle) pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA serta menguji kevalidan dan kepraktisannya. Metode yang digunakan adalah penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba terdiri dari dua validator ahli, satu guru biologi dan 22 siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Lempangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan angket, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. E-modul disusun dalam format digital interaktif dan dilengkapi fitur pendukung seperti video, studi kasus dan aktivitas berbasis IOC. Hasil validasi menunjukkan E-modul termasuk dalam kategori sangat valid, berdasarkan indeks aiken’s V yang dihasilkan dengan nilai di atas 0.8-1, tergolong dalam kategori validitas tinggi. Uji kepraktisan memperoleh persentase 96% dari guru bidang studi mata pelajaran biologi dan 80% dari siswa, yang keduanya tergolong sangat praktis.  Berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa E-modul Sistem Ekskresi dengan menggunakan model ajar IOC, layak digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam pembelajaran biologi, terkhusus pada materi yang tergolong sulit untuk dipahami oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-16