Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sesuai Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri I Pangururan

Authors

  • Pelita Lumban Gaol Universitas Negeri Medan
  • Hasruddin Universitas Negeri Medan
  • Sofia Dahlia Simorangkir Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2319

Keywords:

Biologi, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sikap Peduli Lingkungan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap peduli lingkungan siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Pangururan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 288 siswa, dan sampel yang diambil secara simple random sampling sebanyak 71 siswa dari kelas X E 7 dan X E 8. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara dengan guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan siswa berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata 81,99%. Faktor yang mempengaruhi kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah kesulitan dalam bekerja sama menjaga kebersihan lingkungan serta kurangnya minat terhadap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menyarankan penggunaan model pembelajaran problem-based learning dan meningkatkan keaktifan siswa untuk memecahkan masalah lingkungan. Guru dan sekolah diharapkan dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif dalam mendukung sikap peduli lingkungan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-16