Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sesuai Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri I Pangururan
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2319Keywords:
Biologi, Keaktifan Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sikap Peduli Lingkungan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap peduli lingkungan siswa pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Pangururan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 288 siswa, dan sampel yang diambil secara simple random sampling sebanyak 71 siswa dari kelas X E 7 dan X E 8. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara dengan guru biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan siswa berada pada kategori baik dengan persentase rata-rata 81,99%. Faktor yang mempengaruhi kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah kesulitan dalam bekerja sama menjaga kebersihan lingkungan serta kurangnya minat terhadap materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menyarankan penggunaan model pembelajaran problem-based learning dan meningkatkan keaktifan siswa untuk memecahkan masalah lingkungan. Guru dan sekolah diharapkan dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif dalam mendukung sikap peduli lingkungan siswa.





