Pengaruh Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Biologi pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal

Authors

  • Dalila Harum Universitas Negeri Medan
  • Yusuf Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2303

Keywords:

Media Audio Visual, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar Biologi Kelas X. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian menggunakan pre-test pos-test control grop design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan 360 orang peserta didik yang tersebar sebanyak 12 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dengan menggunakan sampel penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual berupa meningkatnya nilai hasil belajar biologi dengan kelompok eksperimen dari 63,7 meningkat menjadi 82. Data di analisis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh data nilai postest kelas kontrol dan eksperimen Sig.(2-tailed) yaitu 0,00. Yang menyatakan bahwa siginifikasi tabel < dari 0,005, dari data uji t dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Problem based learning berbantuan media audio visual terdapat pengaruh hasil belajar biologi Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-16