Analisis Pembelajaran IPA pada Materi Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam di Sekitarku pada Siswa Kelas IV SDN. 060833 Kota Medan

Authors

  • Adelina Nababan Universitas Negeri Medan
  • Suyit Ratno Universitas Negeri Medan
  • Anggun Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Clarisa Br. Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Claudia Simorangkir
  • Ines Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Sihole Anatasya Pesta Natalia Universitas Negeri Medan
  • Winda Nainggolan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2302

Keywords:

Pembelajaran IPA, Siswa, Sumber Daya Alam.

Abstract

Sumber Daya Alam (SDA) berarti sesuatu yang ada di alam yang berguna dan mempunyai nilai dalam kondisi dimana kita ditemui. Ruang lingkup SDA mencakup semua pemberian alam di bawah atau di atas bumi baik yang hidup maupun yang tidak hidup. Permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang sering kali terjadi di daerah kita berupa perusak lingkungan ataupun pencemaran salah satunya pengaruh dari pemanfaatan sumber daya alam (selanjutnya disebut dengan SDA) yang tidak terkendali. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data yang diperoleh berdasarkan pengisian lembar kerja peserta didik yang berisi soal-soal terkait sumber daya alam. Proses selanjutnya adalah meneliti data yang telah penulis kumpulkan. Data yang sudah penulis kumpulkan akan dimuat ke dalam jurnal dalam bentuk tabel dan diagram persentase.Berdasarkan persentase hasil test siswa kelas IV SDN.060833 Kota Medan, diperoleh hasil bahwa siswa kelas IV dapat menguasai materi tentang sumber daya alam setelah materi tersebut dijelaskan. Dapat dinyatakan bahwa siswa kelas IV SDN.060833 dapat mengikuti dan menguasai pembelajaran IPA dengan baik khususnya pada materi Sumber Daya Alam. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN.060833 Kota Medan dapat menguasai materi Sumber Daya Alam dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 10 soal dan jumlah sampel 18 siswa, maka diperoleh persentase hasil pretest (48,91%) dan hasil Posttest (51,09%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-16