Penerapan Penerapan Video Pendek terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Perkembangan Hewan Amfibi
DOI:
https://doi.org/10.31537/biocons.v7i2.2301Keywords:
Pembelajaran Biologi, Perkembangan Hewan, Video Pendek.Abstract
Biologi sering dianggap sebagai mata kuliah yang menantang bagi mahasiswa, terutama dalam memahami perkembangan hewan. Salah satu kelompok hewan yang menarik untuk dipelajari dalam perkembangan hewan adalah amfibi, khususnya katak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan video pendek dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran perkembangan hewan amfibi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang diberikan materi menggunakan video pendek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang belajar dengan bantuan video pendek memiliki pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan video pendek dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran biologi, khususnya dalam memahami perkembangan hewan amfibi.





