https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/amej/issue/feedAl-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ)2025-08-03T06:30:26+08:00Dimas Anditha C Salbiruniamej@gmail.comOpen Journal Systems<p>Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ) is a national journal that publishes research in the field of mathematics education. It is published twice a year. Manuscripts are reviewed by the editorial board. Manuscripts must be selected by the editorial board and not published elsewhere. "Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ)" aims to disseminate research findings on mathematics education, a form of publication of the Tri Dharma of Higher Education, produced by lecturers, teachers, alumni, and experts. This scientific journal is published periodically, every February and August. Those with unpublished research on mathematics education can submit their manuscripts to the "Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ)" editorial team. The editorial team will consider articles for publication based on their originality, consistency, and contribution through peer review. The editorial team will then evaluate and revise or return the published articles.</p>https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/amej/article/view/2510MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNADAKSA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PUBTAR "PUZZLE BANGUN DATAR" MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR2025-07-29T10:51:34+08:00Dita Oktaviaoktaviadita949@gmail.com<p> </p> <p>Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa tunadaksa kelas IX di SLB BCD YPAC dengan memanfaatkan media pembelajaran PUBTAR. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya semangat belajar peserta didik tunadaksa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan bersama guru pamong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PUBTAR terbukti efektif dalam mendorong peningkatan motivasi belajar siswa tunadaksa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada tahap awal, motivasi belajar siswa hanya mencapai 37,50%. Setelah siklus pertama, terjadi peningkatan menjadi 54,15%, dan pada siklus kedua meningkat secara signifikan hingga mencapai 87,50%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media PUBTAR memiliki pengaruh yang positif terhadap semangat belajar siswa tunadaksa kelas IX di SLB BCD YPAC. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang lebih inklusif dan menarik, serta memperkuat fungsi media PUBTAR sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam membangkitkan motivasi belajar mereka.</p>2025-08-01T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ)https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/amej/article/view/2557Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Luas dan Volume Melalui Penerapan Media Gambar2025-08-03T00:53:20+08:00Abdul Muismuismuhammad416@gmail.com<p>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN curah Malang 02. Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran yang monoton dan tidak melibatkan aktivitas siswa yang menyebabkan siswa yang mulanya aktif menjadi bosan, jenuh dan pasif.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti telah melakukan upaya peningkatan kemampuan belajar dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN curah Malang 02. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD yang berjumlah 16 orang.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang prestasi akademik siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian, data awal menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 31,25% poin (kurang baik), meningkat menjadi 56,25% poin ,presentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 81,25% (baik) pada siklus 2, menunjukkan adanya peningkatan.Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media gambar dapat meningkatkan kinerja pembelajaran matematika siswa kelas VI SDN Buluk Malang 02.</p>2025-02-02T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ)https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/amej/article/view/2558Penggunaan Metode Diskusi dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan Disekolah Dasar2025-08-03T06:30:26+08:00Fitri Ayu Suryanifayusuryani15@yahoo.co.id<p>Penggunaan metode belajar dalam proses pembelajaran sangat diperlukan karena dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa kelas V SDN Mayangan 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode diskusi berpengaruh terhadap kinerja belajar siswa kelas V SDN Mayangan 1 pada materi pecahan. Dalam penelitian ini diharapakn untuk dapat membuat kinerja pengajaran matematika meningkat dengan cara menggunakan metode diskusi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V di SDN Mayangan 1. Subjek penelitian ini berjumlah 18 orang, 15 lakilaki dan 3 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari lembar kerja. Pada siklus pertama presentase hasil belajar matematika materi pecahan sebesar 55,5% kemudian mengalami peningkatan menjadi 88,8% pada siklus kedua. Hal ini membuktikan bahwa metode diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SDN Mayangan 1.</p>2025-08-03T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Al-Biruni: Journal of Mathematics and Mathematics Education (AMEJ)